Share

Jadi Tren, Indonesia Bakal Dibanjiri Bank Syariah

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 320 2335851 jadi-tren-indonesia-bakal-dibanjiri-bank-syariah-2hP25xhuMH.jpg Bank Syariah Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat ekonomi dari INDEF Nailul Huda menilai kinerja perbankan syariah memang membaik akhir-akhir ini. Diperkirakan ini didorong oleh isu merger dengan pembentukan Bank Syariah Indonesia.

"Tapi juga ada alasan lainnya karena sistem kredit dan investasi di bank Syariah memberikan kepastian terhadap hasil dan risiko. Ini berbeda dibandingkan sistem perbankan konvensional," ujar Nailul ujar dia, Selasa (29/12/2020).

Menurut dia, ke depan jika dibentuk Bank Syariah Indonesia maka kemungkinan besar kinerja perbankan syariah Indonesia akan bertambah positif. Bahkan kemungkinan akan semakin menjamur bank syariah di Indonesia.

"Terakhir, Muhammadiyah sudah mewacanakan pendirian Bank Syariah sendiri. Ini sebuah hal yang positif bagi kinerja perbankan syariah nasional," jelas dia.

Dia juga mengingatkan agar pemerintah tidak selalu ketinggalan. Terlebih negara tetangga Malaysia sudah sangat sering dijadikan contoh sukses membangun keuangan syariah.

"Kita sudah ketinggalan untuk merger bank syariah ini. Tidak cakap menangkap peluang pengembangan merger bank syariah ini di periode Jokowi yang pertama. Mungkin dulu skenario utamanya dengan penyelamatan Bank Muamalat dan rencana pembelian bank Muamalat oleh pemerintah," katanya.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani memuji kinerja perbankan syariah stabil dan tumbuh tinggi dibandingkan bank konvesional. Tercatat, aset perbankan syariah naik 10,97% dibandingkann perbankan konvesional yang sebesar 7,7%.

Artinya, pertumbuhan aset perbankan syariah lebih tinggi. Demikan juga dengan dana pihak ketiga (DPK) dari keuangan syariah mencapai 11,56%. Sedikit naik dibandingkan DPK konvesional 11,4%.

Baca Juga: Heboh Muhammadiyah Tarik Dana Jumbo, Bagaimana Likuiditas Perbankan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini