Proyek Infrastruktur Masih Jadi PR Utama Tahun Ini

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 320 2337298 proyek-infrastruktur-masih-jadi-pr-utama-tahun-ini-cRRjRyoxF9.jpg Proyek Infrastruktur. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah memiliki pekerjaan rumah dalam memulihkan ekonomi di 2021. Proyek pembangunan infrastruktur pun harus terus dibangun di tengah pandemi virus corona.

"Pekerjaan memunculkan efek penciptaan aktivitas ekonomi harus ditingkatkan seperti proyek-proyek infrastruktur," kata Ekonom Core Piter Abdullah, di Jakarta, Jumat (1/1/2020).

Baca Juga: Jokowi: 2021 Akan Diisi dengan Pembangunan Infrastruktur dan SDM

Tujuannya agar terjadi perputaran ekonomi yang kemudian memunculkan lapangan kerja dann income bagi banyak orang. Pasalnya pemerintah belum bisa merealisasikan anggaran pemulihan ekonomi nasional yang tidak mencapsi 100%.

"Jadi biar ada incomenya ke depan," jelasnya.

Baca Juga: Realisasi Anggaran Menteri Basuki di 2020 Capai Rp87,59 Triliun, Berikut Rinciannya

Selain itu, Ekonom Indef Enny Sri Hartati memperkirakan kontraksi ekonomi Indonesia masih akan berlangsung hingga kuartal II/2021. Artinya, capaian pertumbuhan ekonomi ke depan menurutnya akan lebih rendah dari angka yang diproyeksikan pemerintah pada kisaran 4,5% hingga 5% .

Lantaran, pemulihan ekonomi akan berlangsung lebih lama dikarenakan kondisi ekonomi Indonesia yang terpukul pandemi Covid-19 tidak akan bisa berubah dalam jangka waktu yang sangat pendek.

"Pemulihan daya beli masyarakat berat karena konsumsi rumah tangga mampu pulih kalau tersedia lapanagan kerja, karena dampak dari Covid-19 kemarin terhadap struktur pendapatan masyarakat besar harus segera pulih," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini