Share

Lowongan Guru Tak Masuk Formasi CPNS 2021, Kenapa?

Reza Andrafirdaus, Okezone · Minggu 03 Januari 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 320 2337729 lowongan-guru-tak-masuk-formasi-cpns-2021-kenapa-r8KzNKsvBt.jpeg Seleksi CPNS. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan tak memasukkan lowongan guru ke dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Sontak hal itu membuat berbagai elemen masyarakat memberikan kritikan keras karena dianggap sebagai tindakan diskriminatif.

Salah satu protes keras itu datang dari Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Dirinya menyayangkan sikap pemerintah ihwal membeda-bedakan sikapnya kepada guru.

Seharusnya, mengingat jasa guru amat tinggi, pemerintah melayaninya masuk ke dalam lowongan abdi negara.

“Mestinya Pemerintah tak lakukan diskriminasi, dengan tidak memasukkan guru masuk kategori CPNS,” tulis Hidayat.

Dia menilai keputusan pemerintah tersebut perlu segera dikoreksi karena bisa masuk kategori pelanggaran HAM.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, saat ini instansi sedang melakukan penghitungan jumlah kebutuhan formasi untuk lima tahun ke depan. Setelah itu, jumlah formasi tersebut akan diserahkan kepada Kementerian PANRB.

Barulah, BKN dan Kementerian PANRB akan menetapkan jumlah formasi yang akan dibuka pada CPNS 2021 mendatang. Adapun pengumuman jumlah formasi ini dilakukan paling lambat pada Mei 2021 mendatang .

Baca Selengkapnya: Guru Tak Masuk Formasi CPNS 2021, Hidayat Nur Wahid: Diskriminasi

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini