OJK Sebut Urun Dana Berbasis Teknologi Bakal Gaet Generasi Muda

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 278 2338669 ojk-sebut-urun-dana-berbasis-teknologi-bakal-gaet-generasi-muda-cW6SSNMPrW.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi meluncurkan produk Penawaran Efek melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi atau dikenal dengan Securities Crowdfunding/SCF, pada pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia 2021.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot SCF berperan untuk meningkatkan pendalaman pasar modal di masyarakat sebagai alternatif sumber pendanaan yang cepat, mudah, dan murah bagi kalangan generasi muda dan UKM yang belum bankable untuk mengembangkan usahanya, khususnya UKM mitra Pemerintah yang memiliki potensi cukup besar.

 Baca juga: 2 Kebijakan Strategis OJK soal Pasar Modal di 2021

" Ini meningkatkan pendalaman pasar modal di masyarakat sebagai alternatif sumber pendanaan yang cepat, mudah, dan murah bagi kalangan generasi muda dan UKM yang belum bankable untuk mengembangkan usahanya, khususnya UKM mitra Pemerintah yang memiliki potensi cukup besar," kata Sekar di Jakarta, Senin (4/1/2021).

Penyelenggara berizin dan siap menjalankan bisnis SCF berada dalam pengawasan OJK dan pendampingan Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) yang akan membina sekaligus menertibkan apabila terdapat pelanggaran. Oleh karenanya, kepentingan investor pun akan lebih terlindungi.

 Baca juga: Bos BEI Sebut Jumlah Transaksi dan Investor Syariah Naik Tinggi

"OJK juga sudah menetapkan Aludi sebagai asosiasi layanan urun dana untuk menjaga ekosistem industri layanan urun dana yang sehat dengan merumuskan code of conduct dan melakukan pengawasan terhadap anggotanya," bebernya.

Adapun SCF juga dapat menggaet lebih banyak anak muda mengingat sistem yang diciptakan serba elektronik atau tidak memerlukan kehadiran secara fisik. Sehingga, pengeluaran dana anak muda yang selama ini lebih banyak untuk konsumsi bisa terserap di pasar modal.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini