Di Mana Jack Ma? Bos Alibaba yang Hilang saat Bisnisnya Ditekan Pemerintah China

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 320 2339374 di-mana-jack-ma-bos-alibaba-yang-hilang-saat-bisnisnya-ditekan-pemerintah-china-EvuLssluKw.jpg Jack Ma (Reuters)

JAKARTA - Bisnis Jack Ma berada di bawah tekanan yang sangat besar sekarang. Namun hingga saat ini Jack Ma masih belum muncul ke publik selama berbulan-bulan.

Mengutip dari CNN, Selasa (5/1/2021) Ma belum muncul ke publik atau posting media sosial sejak akhir Oktober, lebih dari seminggu sebelum rencana IPO (initial Public Offering) oleh perusahaan afiliasi Alibaba Group yakni Ant Group. Rencana IPO Ant Group sendiri akhirnya diblokir oleh pemerintah China pada detik-detik terakhir.

 Baca juga: Menengok Gurita Bisnis Jack Ma yang Hilang Usai Kritik Pemerintah China

Ant Group pun diminta untuk merombak sebagian besar bisnisnya. Regulator China mengkritik perusahaan tersebut karena menyingkirkan saingan dari pasar dan merugikan hak konsumen.

Sementara itu, Alibaba Group kini telah diperiksa di China atas dugaan perilaku monopoli. Dan Wall Street Journal melaporkan pekan lalu bahwa pemerintah China berusaha untuk mengecilkan kerajaan Ma dan berpotensi mengambil saham yang lebih besar dalam bisnisnya.

Baca juga: Jack Ma Menghilang Setelah Kritik Pemerintah China, Salah?

Meskipun sedang dalam situasi kritis, Jack Ma absen dari final pertunjukan bakat Afrika yang dia buat. Menurut Financial Times,Ma diganti sebagai juri selama pembuatan film pada bulan November dari episode terakhir "Pahlawan Bisnis Afrika,".

Padahal, Jack Ma mengatakan tidak sabar untuk bertemu para finalis selama final online pada 14 November. Pihak Alibaba pun mengatakan jika Jack Ma harus melewatkan final karena konflik jadwal dan menolak komentar lebih lanjut tentang keberadaannya.

Sementara Ma tidak lagi memegang posisi eksekutif atau dewan di salah satu perusahaan yang didirikan bersama. Dia mengundurkan diri sebagai ketua eksekutif Alibaba pada 2019.

Namun, Jack Ma masih menjadi pemegang saham individu terbesar Alibaba dengan hampir 5% bernilai sekitar USD25 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini