Canggih, Ketika Pelabuhan Patimban-Bandara Kertajati Bersatu

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 320 2340413 canggih-ketika-pelabuhan-patimban-bandara-kertajati-bersatu-uCn5h5QcNv.png Bandara Kertajati (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut Pelabuhan Patimban akan melengkapi fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka.

Menururtnya, kedua infrastruktur transportasi ini akan menstimulir arus barang jasa dan logistik di kawasan industri yang ada di Jawa Barat.

"Pelabuhan Patimban ini juga akan melengkapi BIJB Kertajati, yang sudah beroperasi terlebih dahulu," ujar dia dalam acara dalam public expose pelabuhan Patimban di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Ini Dia Operator Pelabuhan Patimban, Dikelola 40 Tahun 

Dia juga berharap pelabuhan Patimban ini bisa stimulir arus barang jasa dan logistik dari kawasan aglomerasi industri Rebana. Mulai dari Cirebon, Patimban dan juga kawasan industri di sekitarnya.

"Seperti dari Karawang, Subang, Purwakarta, Sumedang hingga Majalengka," ungkap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat. Mulai hari ini, pelabuhan tersebut sudah siap untuk digunakan.

Pelabuhan Patimban hari ini saya nyatakan siap dan bisa digunakan," ujarnya dalam Soft Launcing dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban.

Jokowi mengaku senang dengan proses pembangunan Pelabuhan Patimban pada Fase I. Di mana pelabuhan ini sudah siap melayani 3,75 juta peti kemas. Diharapkan pada pembangunan Fase III nantinya, kapasitas pelabuhan menjadi jadi 7 juta peti kemas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini