Menhub Sebut Dwelling Time Pelabuhan Patimban Kurang dari 2 Hari

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 320 2340486 menhub-sebut-dwelling-time-pelabuhan-patimban-kurang-dari-2-hari-H3rfSCwKHx.jpeg Pelabuhan (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dwelling time atau waktu tunggu pengurusan peti kemas di Pelabuhan Patimban bisa dilakukan selama kurang dari 2 hari.

Menurut dia pengurusan peti kemas bisa selama 2 hari, karena pelabuhan ini sudah kerja sama dengan pihak swasta dalam skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga: Pelabuhan Patimban Sanggup Tampung Kapasitas 7,5 Juta TEUs

"Jadi Patimban yang akan kerja sama dengan swasta, dengan skema KPBU diharapkan bisa memberikan layanan prima. Contohnya kita targetkan bisa me-manage dwelling time kurang dari 2 (hari)," ujar dia dalam public expose Pelabuhan Patimban, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Canggih, Ketika Pelabuhan Patimban-Bandara Kertajati Bersatu

Dia menuturkan dengan pengurangan biaya karena cepatnya pengoperasian barang di pelabuhan Patimban ini, akan membuat efisiensi biaya logistik nasional.

"Adanya pengurangan biaya trucking dan dwelling time ini. Maka efisiensi biaya logistik nasional akan signifikan," tandas dia.

Sebelumnya, Menurut Menteri Perhubungan (Mebhub), Budi Karya Sumadi Pelabuhan Patimban mencakup berbagai kegiatan dan potensi ekspor-impor yang bisa dimaksimalkan. Serta kegiatan perdagangan antarpulau untuk menghadapi era Indonesia emas di tahun 2045 mendatang.

"Jadi untuk desain pelabuhan dengan dermaga yang dibangun di lepas pantai terhubung dengan jembatan dari daratan, terminal peti kemas kita rencanakan dengan kapasitas 7,5 juta (twenty foot equivalent unit/TEUs," ujar dia dalam telekonferensi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini