Sepak Terjang Sunanto, Ketum Pemuda Muhammadiyah yang Jadi Komut Istaka Karya

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2021 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 09 320 2341457 sepak-terjang-sunanto-ketum-pemuda-muhammadiyah-yang-jadi-komut-istaka-karya-k1W7UU0l8A.JPG Komisaris Utama Istaka Karya Sunanto (Foto: Dokumentasi PP Muhammadiyah)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Sunanto sebagai komisaris utama sekaligus komisaris independen di PT Istaka Karya (Persero). Sunanto yang akrab disapa Cak Nanto adalah Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah.

Sunanto membenarkan hal tersebut dan pengangkatan dilakukan Erick kemarin. Dia menyebut, Surat Keputusan (SK) pun sudah berada di tangannya.

Baca Juga: Dahlan Iskan: Saya Prihatin, BUMN Pangan Kalah dari Bakso Blok S 

Saat ini Cak Nanto menakhodai Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah selama periode 2018-2022. Cak Nanto telah malang melintang di organisasi otonom Myhammadiyah, terutama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Sementara itu di luar Muhammadiyah, Cak Nanto juga pernah menduduki sekretaris DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Tengah (2011-2014) dan kini menjadi Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR).

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk 5 Komisaris Baru Len Industri, Ini Daftarnya

Sunanto lahir di Sumenep, Madura, Jawa Timur pada 24 September 1980. Riwayat pendidikan dasarnya di SD Negeri Lobuk, setelah lulus melanjutkan sekolah di MTs Sumber Waras sambil mondok di Pesantren Sumber Mas, Sumenep.

Sunanto berharap, dengan amanah baru tersebut mampu memberikan kontribusi kepada perseroan pelat merah itu ke depan. Khususnya menggenjot bisnis perseroan di tengah pandemi Covid-19.

"Benar mas tadi sore saya menerima SK-nya. Sebagai Komut (Komisaris Utama) sekaligus merangkap komisaris independen mohon doanya semoga amanah dan bisa memajukan PT Istaka Karya," ujar Cak Nanto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini