INKA Kenalkan E-Inobus, Bus Listrik Buatan Anak Bangsa

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 09 320 2341575 inka-kenalkan-e-inobus-bus-listrik-buatan-anak-bangsa-A4rTQ2nua5.jpg Bus Listrik (Foto: Instagram Kementerian BUMN)

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memamerkan bus bertenaga listrik. Bus listrik tersebut merupakan buatan dari PT Industri Kereta Api Persero atau akrab disebut PT INKA.

“Kenalin nih E-Inobus, Bus bertenaga listrik buatan PT INKA (Persero),” tulis akun twitter Kementerian BUMN yang dikutip Okezone, Jakarta, Sabtu (9/1/2021).

Baca Juga: Inka Bangun PLTS Kapasitas 200 Mw di Kongo

E-Inobus adalah nama bus listrik yang merupakan kerja sama PT INKA (Persero) dengan Tron-E dari Taiwan sebagai mitra komponen drive train dan baterai bus serta Piala Mas dari Malang sebagai mitra pembuatan bodi bus listrik.

Adapun spesifikasi E-Inobus buatan Inka ini. Bus listrik membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk pengisian daya hingga terisi penuh. Tingkat kebisingan bus listrik ini jauh lebih rendah dibanding bus diesel.

Baca Juga: Gerbong Kereta KAI Retak-Retak, BPKP dan BPPT Diminta Audit

“Tingkat kebisingan pada bus listrik jauh lebih rendah yakni rata-rata sebesar 71 dB, dibandingkan dengan bus diesel yang rata-rata sebesar 85 dB,” tulis akun Kementerian BUMN.

Bus Listrik E-Inobus produksi PT INKA (Persero) telah melakukan uji operasional yang diujicobakan di Jawa Timur. Kali ini, uji operasional kembali dilakukan di Jakarta dengan melibatkan pihak Transjakarta. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui performansi baterai, motor dan sebagainya pada rute operasional Transjakarta.

Saat ini, INKA sedang menawarkan E-Inobus ukuran 8-meter ke Transjakarta, dimana Transjakarta mensyaratkan pengujian bus selama kurang lebih 3 bulan pada rute operasional Transjakarta.

“Jadwal pengujian tentatif dimulai pada 23 Desember 2020 hingga 6 April 2021. Adapun pra-pengujiannya sendiri dilakukan selama 2 minggu dan kemudian dilanjutkan dengan uji operasional selama 3 bulan,” ungkap Kementerian BUMN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini