Gandakan Kekuatan Lawan Covid-19, Mentan: Sektor Pertanian Tak Boleh Libur!

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 320 2343958 gandakan-kekuatan-lawan-covid-19-mentan-sektor-pertanian-tak-boleh-libur-rvBKjXTXRw.jpg Mentan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sektor pertanian merupakan salah satu usaha yang masih terjaga cukup baik di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Kementerian Pertanian (Kementan) pun mendapatkan apresiasi atas keberhasilan tersebut.

Lalu bagaimana cerita Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam menjaga komoditas pertanian selama wabah berlangsung?

Dia menceritakan bahwa kunci utamanya adalah dirinya yang selalu memantau hasil pertanian di berbagai daerah.

"Tentu saja jadi beban, karena harapan kita 273 juta orang tidak terganggu pangan dasarnya. Apalagi saya masuk berhadapan dengan covid-19, dengan tantangan yang sangat besar, gandakan kekuatan saya untuk bekerja lebih besar dari yang ada," kata Syahrul di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: Mentan: Alhamdulillah Makanan Pokok Aman Sepanjang Covid-19 

Selain itu, tentu diperlukan sebuah kerja tim yang baik dari setiap lapisan struktur di Kementan. Dirinya pun meminta kepada setiap dirjen untuk tak memikirkan waktu libur selama Covid-19 masih melanda Tanah Air.

"Dirjen-dirjen saya katakan: kalau kau mau dengan saya, enggak ada libur, Jumat-Sabtu. Harus ada di lapangan. Rakyat butuh kita dan negara butuh kita," ujarnya.

Menurut dia, bila sudah mengabdikan baktinya untuk bekerja di Kementan, maka mereka harus bersedia mengorbankan waktu dan keluarganya.

"Yang lain boleh libur, tapi sektor pertanian enggak boleh libur karena orang butuh makanan," katanya.

Tak hanya itu, dirinya pun mengaku beruntung karena selalu mendapat dukungan dari keluarga, meski mereka harus selalu ditinggalkan demi kepentingan masyarakat.

"Kebetulan keluarga saya memang orang lapangan. Ketemu anak-anak tidak rutin harus hari Minggu. Saya sudah rutin seperti itu, mereka tidak aneh seperti yang sekarang ini. Saya cuma jaga stamina badan ini untuk tetap sehat," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini