6 Peluang Bisnis yang Cocok bagi Pensiunan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 455 2344392 6-peluang-bisnis-yang-cocok-bagi-pensiunan-518ZgEBFoe.jpg Tips Memulai Bisnis (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Memasuki masa pensiun bukan berarti harus berhenti total dari segala aktivitas produktif. Sebagian orang memilih menggunakan waktu pensiunnya untuk mulai membuka bisnis. Sebab, sudah tidak ada lagi penghasilan yang diterima.

Saat ini, banyak sekali peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah, bahkan bagi seorang pensiunan sekalipun. Dengan keterampilan yang dimiliki, seorang pensiunan dapat memulai bisnis paruh waktu dan dapat dijalankan sebagai bisnis rumahan.

Baca Juga: 3 Usaha Modal Kecil dengan Untung Selangit

Dilansir dari The Balance Small Business Jakarta, Kamis (14/01/2021), berikut ini beberapa peluang bisnis terbaik yang dapat mulai dilakukan oleh para pensiunan.

1. Sopir

Banyak lansia atau orang-orang tertentu yang tidak mau atau tidak bisa mengemudi sendiri dan membutuhkan jasa sopir. Maka jika memiliki kepribadian yang ramah dan suka mengemudi, ini bisa menjadi peluang bisnis yang ideal.

Baca Juga: 8 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

2. Pemandu Wisata

Memiliki hobi jalan-jalan? Menjadi pemandu wisata bisa menjadi peluang bisnis yang menyenangkan. Tugasnya menjadi orang yang mendampingi wisatawan dari satu lokasi ke lokasi lain. Akan lebih baik jika memiliki keterampilan multibahasa dan pengalaman perjalanan sebelumnya (terutama ke tujuan perjalanan yang diinginkan wisatawan).

3. Seni dan Kerajinan

Jika memiliki keterampilan artistik seperti suka melukis, menjahit, membuat keramik, kerajinan kayu, atau bentuk karya seni dan kerajinan lainnya, bisa diubah menjadi bisnis pensiunan. Hasilnya nanti bisa dijual di pameran kerajinan lokal, pasar, atau bahkan pusat perbelanjaan (mal).

4. Bimbingan Belajar

Peluang bisnis bagi pensiunan lainnya adalah membuka jasa bimbingan belajar. Untuk menjadi tutor, dibutuhkan pengalaman mengajar, kemampuan komunikasi yang baik dan dapat diandalkan, kesabaran, tepat waktu, terorganisir dengan baik dan tentunya pengetahuan tentang mata pelajaran.

5. Layanan Menjaga Hewan Peliharaan

Suka merawat dan menyayangi hewan? Maka peluang bisnis ini akan sangat pas untuk dijalankan. banyak pemilik hewan yang perlu bepergian, sehingga membutuhkan layanan penitipan hewan peliharaan. Mereka bersedia membayar untuk meminta seseorang menjaga hewan peliharaannya saat mereka pergi.

6. Layanan Penerjemah

Menjadi penerjemah bahasa juga bisa menjadi bisnis pensiun yang ideal. Yang dibutuhkan untuk menjadi penerjemah adalah keterampilan menulis yang sangat baik dalam dua bahasa atau lebih, perhatian terhadap detail, keterampilan analitis, dan etika profesional tingkat tinggi. Pengetahuan tingkat tinggi tentang industri tertentu dapat memungkinkan penerjemah untuk berspesialisasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini