Kerja Jarak Jauh, Berikut Tipsnya

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 622 2344376 kerja-jarak-jauh-berikut-tipsnya-tK8fFUGT9y.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bekerja dari rumah (WFH) menjadi tren yang baru bagi dunia perusahaan. Terlebih saat ini teknologi sudah sangat canggih dan memadai. Bahkan, perusahaan-perusahaan membayar karyawan di luar kantor (remote workers) dengan gaji yang sangat tinggi.

Bekerja di luar kantor juga banyak manfaatnya. Seperti peningkatan kepuasan kerja, produktivitas yang besar serta penggunaan sumber daya perusahaan yang lebih efisien.

Namun belum semua perusahaan yang menyediakan pekerjaan jarak jauh bagi karyawan. Melansir dari The Balance Careers, Jumat (15/1/2021) berikut tips mencari pekerjaan jarak jauh.

Baca Juga: Bingung Cari Tempat Magang? Ini Tipsnya

1. Teliti Perusahaan

Cari perusahaan berskala nasional bahkan internasional. Dimana karyawannya tersebar diseluruh daerah atau negara. Hal ini akan memastikan bahwa perusahaan memiliki sistem yang unggul dan tidak perlu diragukan. Pastikan perusahaan memang memadai dan sudah mempekerjakan karyawannya dari jarak jauh.

Baca Juga:  Tahun Baru Pindah Kerjaan? Begini Cara Buat Resume yang Menarik

2. Cek di Website

Cari melalui website di google. Seperti di Idealist.org, sebuah situs web peluang kerja nirlaba, dapat menemukan banyak pekerjaan dari rumah, pekerjaan lokasi yang fleksibel dan dapat memfilter secara khusus untuk posisi-posisi ini. MediaBistro.com juga menawarkan opsi untuk mencari pekerjaan WFH, seperti halnya GoodFoodJobs.com. Web Angel.co, juga merupakan mesin pencari pekerjaan untuk start-up.

3. Manfaatkan Relasi

Dalam hal peluang kerja bekerja dari rumah, relasi dan jaringan kerja menjadi salah satu hal penting. Manfaatkan relasi dan coba cari tahu apakah ada lowongan kerja jarak jauh di perusahaan tempat mereka bekerja. Dengan menggunakan relasi akan memudahkan untuk dipertimbangkan serta diterima di perusahaan terkait.

4. Mencari Situs Freelance

Jika mencari pekerjaan freelance, sangat mudah untuk menemukan perusahaan yang menerima pekerjaan jarak jauh. Sisi negatifnya adalah ini mungkin bukan peluang berkelanjutan dan mungkin tidak diberikan insentif. Namun tergantung pada bidang pekerjaan yang dilamar. Karena banyak dari pekerjaan ini dengan mudah dialihdayakan, mereka tidak menawarkan insentif yang besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini