5 Fakta di Balik Gaji PNS Telat Cair

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 320 2345506 5-fakta-di-balik-gaji-pns-telat-cair-kZcMhd4WzN.jpg Gaji PNS Telat di Beberapa Wilayah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa wilayah mengalami keterlambatan gaji. Kabar ini pun mengejutkan karena diketahui gaji PNS biasanya cair pada awal bulan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian menyebut bahwa sebagian besar pemerintah daerah sudah gajian.

Okezone pun telah merangkum fakta-fakta menarik soal gaji PNS yang telat, Minggu (17/1/2021):

1. Kata Kemenkeu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil ( PNS) tidak mengalami keterlambatan. Direktur BKF Kemenkeu Astera Primanto mengatakan bahwa pemerintah sudah menyalurkan gaji PNS

"Pembayaran gaji di daerah itu dari APBD. Kami telah melakukan penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) yang menjadi bagian dari sumber pendapatan daerah sejak awal Bulan Januari," kata Astera.

2. Pemda Belum Sampaikan Persyaratan

Kata dia, kalau ada daerah yang belum tersalur DAU, karena Pemda belum menyampaikan persyaratan salurnya.

"Kita sudah salurkan, kalau ada daerah yang belum salur DAU-nya karena Pemda belum menyampaikan persyaratan salurnya," jelasnya.

3. Anggaran Gaji PNS Sudah Disalurkan

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto mengatakan, pemerintah sudah menyalurkan anggaran gaji PNS di seluruh Indonesia pada 4 Januari. Hal ini sesuai ketentuaan Undang-Undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021.

"Kita sudah cairkan anggaran gaji PNS pada 4 Januari kemarin. Jadi sudah kita salurkan," kata Andin, di Jakarta

4. Pemerintah Pastikan THR dan Gaji Tak Ada Potongan di 2021

Saat ini, Pemerintah memastikan THR dan gaji ke-13 untuk PNS tahun ini full tanpa potongan. Anggaran untuk THR dan gaji ke-13 sudah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021. Oleh karenanya ini diharapkan bisa membantu para PNS untuk tetap melakukan belanja.

Jumlah pencairan THR dan gaji ke-13 untuk PNS dan para pensiunan di 2021 memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya. Sebab, tahun lalu THR dan gaji ke-13 PNS dipotong dan tidak semua dapat. Namun, pencairan dua dana tersebut masih menunggu keputusan final dari Presiden Joko Widodo.

Nantinya, 4,2 juta PNS akan mendapat THR dan gaji ke-13 mulai dari lulusan SD hingga S3. Menurut data BKN, jumlah otal pegawai negeri sipil (PNS) di sejumlah kementerian dan lembaga per 30 Juni 2019 mencapai 4,28 juta orang. Mayoritas pendidikan PNS, adalah Sarjana tingkat I.

5. Anggaran Gaji PNS Cair sejak 4 Januari

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto mengatakan, pemerintah sudah menyalurkan anggaran gaji PNS di seluruh Indonesia pada 4 Januari. Hal ini sesuai ketentuaan Undang-Undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021

"Kita sudah cairkan anggaran gaji PNS pada 4 Januari kemarin. Jadi sudah kita salurkan," kata Andin, di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini