847 Proyek Dibiayai Sukuk Negara, Rel Jalur Ganda Jakarta-Surabaya Lebih Aman

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 320 2347663 847-proyek-dibiayai-sukuk-negara-rel-jalur-ganda-jakarta-surabaya-lebih-aman-FgRjNTcRAa.jpg Pengerjaan Jalur Kereta Trans Sulawesi. (Foto: Okezone.com/LEN)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mencatat ada sebanyak 847 proyek yang akan dibiayai oleh surat utang syariah negara (SBSN) di 2021.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, SBSN atau Sukuk Negara sangat bermanfaat dalam membiayai inftrastruktur transportasi di Indonesia.

Baca Juga: Garap Proyek Pakai SBSN Rp145,8 Triliun, Sri Mulyani ke Menteri Basuki: Jangan Lelah

Kemudian, lanjut dia, SBSN membuat transportasi di Indonesia semakin maju terutama untuk transportasi dengan jalur ganda kereta api. Di mana dengan kemajuan transportasi itu membuat tingkat kecelakaan relatif menurun.

"SBSN sudah membuat kereta jalur ganda dari Jakarta mendekati Surabaya. Maka itu kecepatan kereta api yang meningkat lebih dari 20% itu karena SBSN. Dan tingkat risiko kecelakaan yang dialami relatif menurun drastis dengan adanya SBSN," ujar dia dalam diskusi secara virtual, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Proyek Apa yang Dibangun Menhub dari Surat Utang Syariah Rp5,67 Triliun?

Dia juga menjelaskan saat ini dari Jogja ke Jakarta atau dari Surabaya ke Jakarta bisa hanya dalam waktu 9 jam melalui kereta api.

"Sekarang ini berkat SBSN jalurnya ganda semua. Artinya kecepatan dan keamanan ditingkatkan lewat SBSN. Semua masyarakat Pulau Jawa menikmati karena tingkat kepastian waktu yang lebih pasti dan juga keselamatan yang lebih baik," ungkap dia.

Pihaknya juga akan menyelesaikan sekitar Mojokerto-Surabaya nanti akan lengkap satu proyek strategis nasional yang luar biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini