Uang Panas untuk Trading Saham, Apa Itu?

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 278 2348491 uang-panas-untuk-trading-saham-apa-itu-mf6ooEKTur.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Investasi di pasar modal marak dilakukan masyarakat, terlebih lagi dengan adanya spekulasi akan mendapat keuntungan besar. Bahkan tak sedikit masyarakat yang membeli saham dengan uang panas.

Tak jarang ada yang rela berutang, demi mengikuti tren membeli saham. Tanpa pengetahuan dan pemahaman terkait pasar modal. Mulai dari uang pinjaman online, pinjaman teman bahkan hasil gadai.

 Baca juga: Fenomena Beli Saham Pakai Utang, Investor Jangan Terlalu Percaya Diri Raup Cuan

Mengutip dari Instagram Indonesia Stock Exchange (IDX), Kamis (21/1/2021) adapun uang panas yang seharusnya tidak digunakan untuk membeli invetasi mencakup uang keperluan sekolah anak, uang untuk bayar cicilan, uang arisan.

Termasuk uang untuk perencanaan masa depan, seperti uang biaya menikah dan modal usaha. Hindari juga penggunaan uang simpanan untuk dana darurat, tabungan dan pensiunan orang tua serta dana kebutuhan jangka pendek lainnya.

Baca juga:  Newbie Rela Utang demi Saham Bukti Literasi Masih Rendah

Sangat tidak dianjurkan investasi dengan uang panas. Sebab investasi tidak selalu menghasilkan keuntungan dan tentu akan ada risiko kerugian yang akan berdampak buruk dan bisa menganggu keuangan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini