Share

Cara Hemat Pengeluaran untuk Hewan Peliharaan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 622 2348515 cara-hemat-pengeluaran-untuk-hewan-peliharaan-gEGtIYl1tr.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. Bahkan, tak jarang mereka rela mengeluarkan uang untuk memastikan hewan peliharaannya mendapatkan perawatan terbaik.

Namun, masalah yang sering dikeluhkan para pemilik hewan peliharaan adalah membengkaknya pengeluaran. Mulai dari biaya makanan, penitipan, hingga perawatan dokter hewan baik itu yang rutin maupun tidak terduga. Meski terlihat sulit untuk melakukan penghematan ketika memiliki hewan peliharaan, bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Baca Juga: 8 Cara Membiasakan Diri Menabung Lebih Banyak Uang

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Kamis (21/01/2021), berikut cara menghemat biaya (tanpa mengorbankan perawatan) menurut Christie Long, dokter hewan dan pelatih di PetCoach.

1. Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan

Bawalah hewan peliharaan ke dokter hewan setahun sekali sampai usia tujuh tahun. Selain itu, pastikan hewan peliharaan sudah diberi perawatan untuk mencegahnya dari kutu, caplak, dan heartworm (cacing jantung). Dengan memastikan hewan peliharaan sehat, akan mengurangi potensi pengeluaran pada biaya pengobatan yang bisa lebih mahal.

2. Mencegah Masalah

Obesitas dan masalah gigi adalah kesehatan paling umum yang dilihat dokter hewan pada anjing dan kucing saat ini. Artinya, memberi makanan terbaik dapat menghemat banyak uang untuk perawatan hewan peliharaan. Maka perhatikan dua hal tersebut untuk memastikan hewan peliharaan selalu dalam kondisi sehat.

3. Pilih Panggilan Rumah

Akhir-akhir ini para dokter hewan juga menerima panggilan rumah. Bagi mereka yang memiliki banyak hewan peliharaan, ini akan sangat membantu. Selain itu, bergantung pada biaya layanan di tiap daerah, ini juga dapat menghemat uang terutama untuk ongkos menuju toko hewan (pet shop).

4. Minta Diskon dan Kesesuaian Harga

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya meminta potongan harga atau diskon pada dokter hewan. Terkadang, beberapa dokter hewan atau pet shop memberikan promo atau diskon, maka manfaatkan kesempatan itu untuk menghemat pengeluaran. Selain itu, membeli kebutuhan lainnya secara online juga bisa menjadi pilihan.

5. Perawatan di Petshop

Groomer dapat melakukan hal-hal mudah seperti pawdicure (perawatan pada kuku kucing atau anjing) dengan harga lebih murah dari yang akan dikenakan oleh dokter hewan. Pada akhir pekan, klinik sering kali terdapat di toko hewan (pet shop) sehingga pemilik hewan pemeliharaan bisa mendapatkan vaksin rabies dengan harga yang lebih murah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini