3 Alasan Penting Bikin Perencanaan Keuangan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 622 2348917 3-alasan-penting-bikin-perencanaan-keuangan-1fGgHbym1q.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pada dasarnya pengetahuan soal keuangan merupakan hal yang sangat penting dan akan memengaruhi kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. Namun, nyatanya hanya sebagian kecil yang memahaminya. Masih banyak orang yang mengabaikan masalah perencanaan keuangan.

Tanpa rencana keuangan, akan jauh lebih sulit untuk mencapai tujuan keuangan. Sebab, seseorang tidak tahu tujuan mana yang harus dikerjakan selanjutnya. Rencana keuangan akan membantu untuk siap pada setiap langkah keuangan dalam hidup.

Baca Juga: 8 Cara Membiasakan Diri Menabung Lebih Banyak Uang 

Dilansir dari The Balance Jakarta, Sabtu (23/1/2021), ini adalah alasan mengapa semua orang perlu memiliki rencana keuangan dalam hidup.

1. Rencana Keuangan Bantu Capai Tujuan

Dengan membuat timeline pada rencana keuangan, akan membantu untuk bergerak ke tujuan. Ini membantu fokus dalam mengelola uang dan waktu untuk mencapai tujuan keuangan. Saat pertama kali membuat rencana keuangan, harus memiliki tujuan yang jelas. Semakin spesifik tujuannya, maka akan semakin baik.

Bagian penting dari rencana keuangan adalah anggaran. Ini memungkinkan untuk merencanakan bagaimana dan kapan ingin membelanjakan uang. Anggaran juga akan mempermudah upaya penghematan uang. Bisa dikatakan, rencana keuangan adalah jalan yang diikuti untuk mencapai tujuan. Sementara anggaran adalah alat yang digunakan untuk mencapainya.

2. Rencana Keuangan untuk Persiapkan Peristiwa Besar

Selain itu, rencana keuangan juga membantu untuk mempersiapkan peristiwa besar dalam hidup. Misalnya pensiun, membeli rumah, atau mungkin memulai sebuah keluarga. Membuat rencana keuangan untuk mempersiapkan peristiwa besar dalam hidup berguna sebagai acuan dalam mengambil langkah.

Oleh karena itu, penting untuk semua orang memiliki rencana. Jika telah mempersiapkan acara-acara ini sedini mungkin, maka akan semakin siap ketika itu terjadi. Kalaupun peristiwa itu tidak pernah terjadi, seseorang yang memiliki perencanaan matang akan lebih baik secara finansial karena dapat terbebas dari utang.

3. Bagaimana Memulai Perencanaan Keuangan

Langkah pertama dalam melakukan perencanaan keuangan adalah dengan membuat anggaran dan memecah tujuan menjadi beberapa bagian yang dapat dikelola sehingga dapat dicapai. Pastikan tujuan harus tetap realistis.

Selain membuat rencana keuangan yang efektif, yang tak kalah penting adalah berusaha terus berkomitmen untuk mengikutinya. Rencana ini sangat berguna dalam pengambilan keputusan finansial yang penting di setiap tahapan kehidupan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini