7 Cara Hidup Hemat tapi Tetap Happy

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 622 2348996 7-cara-hidup-hemat-tapi-tetap-happy-PXuoTWOGob.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pengelolaan keuangan melalui penyusunan anggaran sangatlah penting. Dengan menyusun anggaran seseorang dapat mengontrol pengeluaran yang mengarah pada pemborosan, sehingga bisa mencapai tujuan dan stabilitas keuangan.

Meski begitu, masih banyak yang enggan menyusun anggaran karena dirasa membosankan. Padahal jika kegiatan penganggaran dilakukan lebih sebagai permainan (daripada pekerjaan rumah), kesuksesan lebih mungkin terjadi.

Dilansir dari The Balance Jakarta, Jumat (22/1/2021), berikut ini beberapa tips untuk menyusun anggaran dengan cara yang tidak membosankan.

Baca Juga: Cara Hemat Pengeluaran untuk Hewan Peliharaan

1. Cari Kategori Anggaran yang Dapat Dipotong

Perencana Keuangan Bersertifikat, Roger Ma suka memainkan permainan figuratif whack-a-mole dengan pengeluaran yang bisa dipotong. Misalnya pada langganan yang tidak terpakai atau bayar lebih sedikit, seperti biaya rekening bank bulanan atau biaya layanan internet.

2. Adakan Kompetisi Membelanjakan Uang Paling Sedikit

Freya Kuka, pendiri situs keuangan pribadi Collecting Cents mengadakan kompetisi dan tantangan dengan orang-orang di sekitarnya, seperti tunangan atau ibunya. Misalnya, menghabiskan kurang dari $ 200 setara Rp2,8 juta (Kurs 14,085.55 per USD) dalam seminggu. Pemenangnya adalah orang yang paling mendekati tujuan pengeluaran.

“Intinya bukan hadiahnya, tapi kami biasanya menggunakan makan malam di luar atau nonton film sebagai tujuan akhir,” katanya.

3. Buat Tantangan Seru

Pendiri situs keuangan pribadi Money for the Mamas, Kari Lorz, menyarankan “challenge” atau tantangan untuk menciptakan rasa kesenangan dalam membuat anggaran. Lorz mencetak tantangan dan meletakkannya di lemari esnya sebagai pengingat visual tentang tujuan penganggaran. Hasil cetakannya mencakup daftar pengeluaran, kompetisi penganggaran, atau grafik batang untuk memvisualisasikan tabungan.

4. Potong Kategori sesuai Kebutuhan

Lorz melakukan ‘No Spend Challenge’ selama sebulan untuk membantu menyesuaikan kebutuhannya dibandingkan dengan keinginannya.

“Saya hanya menghabiskan uang untuk kebutuhan mutlak seperti bensin untuk mobil saya, produk segar, produk susu, daging segar, atau resep,” katanya.

5. Mainkan Bingo Sambil Menyiapkan Anggaran

Terdapat game bingo sederhana yang dapat digunakan saat pertama kali menetapkan dan menggunakan anggaran. Buat salinan dari lembaran dan cetak, taruh di lemari es, dan selesaikan seperti saat bermain bingo.

6. Buatlah Jurnal “Tidak Dibelanjakan”

Setelah membuat anggaran, lacak pengeluaran selama seminggu terkait apa yang diinginkan, lalu putuskan untuk tidak membeli dalam kategori tertentu. Di akhir minggu, jumlahkan berapa banyak yang berhasil dihemat melalui kekuatan ‘tidak’.

7. Rayakan Kemenangan

Rayakan pencapaian dan nikmati kemajuan yang berhasil dilakukan. Misalnya, masukkan sejumlah kecil uang ekstra ke dalam anggaran untuk pengeluaran yang menyenangkan seperti hadiah.

“Jika Anda tetap pada anggaran, ambil sebagian dari uang ekstra untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan,” kata Steffa Mantilla, Instruktur Pendidikan Keuangan Bersertifikat dan pendiri situs web keuangan pribadi Money Tamer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini