Sektor Usaha yang Boleh Beroperasi 100% saat PPKM, dari Hotel hingga Logistik

Dita Angga R, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 320 2349923 sektor-usaha-yang-boleh-beroperasi-100-saat-ppkm-dari-hotel-hingga-logistik-do9Yu30fZd.jpg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri No.2/2021 terkait perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Seperti diketahui PPKM diperpanjang dari tanggal 26 Januari hingga 28 Februari 2021 mendatang.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Mendagri Terbitkan Instruksi Baru untuk Daerah

Namun ada beberapa perbedaan PPKM tahap pertama dan PPKM perpanjangan. Salah satunya untuk waktu operasional mall pada PPKM mendatang akan lebih panjang dibanding PPKM tahap pertama. Di mana pada PPKM tahap pertama jam operasional untuk pusat perbelanjaan/mall sampai pukul 19.00. Sementara pada PPKM berikutnya jam operasional hingga pukul 20.00.

Baca Juga: Manfaatkan Momen PPKM, Kurir Narkoba Diringkus saat Beraksi

Selain itu jika pada PPKM tahap pertama sektor esensial yang boleh dibuka 100% hanya disebutkan sektor yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat. Selain itu juga sektor konstruksi juga diperbolehkan berjalan 100%.

Pada PPKM perpanjangan kali ini cukup banyak sektor yang disebutkan untuk dibuka 100%. Mulai pasar modal hingga perhotelan kali ini bisa dibuka 100% dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk sektor esensial seperti kesehatan; bahan pangan, makanan, minuman; energi; komunikasi dan teknologi informasi; keuangan, perbankan, sistem pembayaran, pasar modal; logistik; perhotelan; konstruksi; industri strategis; pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu; serta kebutuhan sehari-hari yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat tetap dapat beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat,” demikian bunyi Instruksi Kedua huruf c.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini