Berhijab, Sri Mulyani Pede Ekonomi Syariah Bisa Sejahterakan Umat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 320 2350246 berhijab-sri-mulyani-pede-ekonomi-syariah-bisa-sejahterakan-umat-KiSjEyx441.jpg Presiden Jokowi dan Menkeu Sri Mulyani (Foto: Okezone/Youtube)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus merumuskan perkembangan ekonomi syariah. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan sifat universal ini bisa mensejahterahkan masyarakat. Pasalnya, ekonomi syariah ini menerapkan prinsip Maqashid Syariah.

"Ekonomi dan keuangan syariah yang bersifat universal diharapkan dapat merealisasikan kesejahteraan umat melalui penerapan prinsip maqashid Syariah ini," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (25/1/2021).

Dia menyebutkan sebagaimana dirumuskan oleh para ulama Islam, ekonomi syariah hadir di tengah masyarakat dalam rangka melindungi jiwa, akal, keturunan dan keluarga serta harta manusia.

"Prinsip-prinsip islam tersebut disebut makasit Syariah dan ini sejalan dengan program-program kesejahteraan Sosial dan kebijakan ekonomi pembangunan yang dijalankan pemerintah pada saat ini," ungkap dia.

Pemerintah sangat berkomitmen dalam mendorong sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia yang salah satunya diwujudkan dengan pembentukan komite nasional ekonomi dan keuangan syariah KNEKS yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai ketua dan ketua harian adalah Wakil Presiden Maaruf Amin yang berfokus untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

"Ini secara terintegrasi sehingga mampu lebih memcepat memperluas dan pengembangan dan keuangan dalam rangka mendukung ketahanan ekonomi nasional," tandasnya.

Baca Juga: Wakaf Tunai Capai Rp328 Miliar Sepanjang 2020

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini