Bus Listrik RI Ditawarkan ke Kolombia hingga Meksiko

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 320 2351904 bus-listrik-ri-ditawarkan-ke-kolombia-hingga-meksiko-MUEKeQBXxl.jpg Bus Listrik (Foto: Instagram Kementerian BUMN)

JAKARTA - PT Industri Kereta Api Persero atau akrab disebut PT INKA telah melakukan uji operasional terhadap bus listrik buatannya E-Inobus di Jakarta dengan melibatkan pihak Transjakarta.

Menurut Direktur Utama PT Industri Kereta Api (INKA) Budi Noviantoro, bus listrik ini pasarnya cukup luar biasa. Bahkan Duta Besar (Dubes), Kolombia dan Meksiko menarwakan bus listrik itu ke pemerintah negara tersebut.

Baca Juga: Inka Bangun PLTS Kapasitas 200 Mw di Kongo

"Kemarin pak dubes dari masing-masing negara tawarkan ke Kolombia dan Meksiko dan saya tahu bus listrik mempuyai pasar yang besar," ujar dia dalam acara IDX Channel, Rabu (27/1/2021).

Akan tetapi pihaknya saat ini masif fokus pada pembuatan kereta api. Kemudian lanjut dia, bus listrik ini sudah dikembangkan 2 tahun lalu oleh INKA bersama pihak-pihak terkait.

Baca Juga: Gerbong Kereta KAI Retak-Retak, BPKP dan BPPT Diminta Audit

"Alhamdulillah kita sekarang sudah ada bus listrik dan saat ini sedang uji coba di bus transjakarta," ungkap dia.

Bahkan kata Budi, bus listrik sudah banyak dilirik di domestik. Seperti dari Pemerintah Daerah (Pemda), kemudian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian BUMN.

"Dan teman-teman Pertamina dan PLN siap menyediakan tempat charger untuk bus listrik tersebut," tandas dia.

Seperti diketahui, E-Inobus adalah nama bus listrik yang merupakan kerja sama PT INKA (Persero) dengan Tron-E dari Taiwan sebagai mitra komponen drive train dan baterai bus serta Piala Mas dari Malang sebagai mitra pembuatan bodi bus listrik.

Adapun spesifikasi E-Inobus buatan Inka ini. Bus listrik membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk pengisian daya hingga terisi penuh. Tingkat kebisingan bus listrik ini jauh lebih rendah dibanding bus diesel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini