Lembaga Pengelola Investasi Mirip Membangun BUMN

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 320 2351924 lembaga-pengelola-investasi-mirip-membangun-bumn-veo1BVBIaB.jpg Lembaga Pengelola Investasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik struktur keanggotaan Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA). Dewan Pengawas LPI diangkat melalui Keputusan Presiden (Keppres) 6/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengawas LPI yang dibacakan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko menyebut, keberadaan LPI mampu mendorong nilai investasi perseroan negara.

“SWF meningkatkan value yang dimiliki negara dan juga aset BUMN,” ujar Tiko, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Harus Ramah Investasi dan Lingkungan

Dia mengutarakan, pembentukan LPI hampir mirip dengan awal pendirian sejumlah BUMN. Perseroan negara yang dimaksudkan adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Jasa Marga, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

"SWF ini mirip seperti membangun BUMN di tahun 2000. Seperti Telkom, Mandiri, Jasa Marga, BNI, kami dulu enggak membayangkan berapa pertumbuhan value dari perusahaan ini,” kata dia.

Tak hanya itu, keberadaan lembaga investasi itu juga akan mendorong kapitalisasi pasar BUMN. Dia mencontohkan, PT Bank Rakyat Indonesia yang nilai kapitalisasi mencapai Rp500 triliun dan Telkom sebesar Rp340 triliun.

Baca Juga: Investasi Luar Jawa Tembus Rp417,5 Triliun, Bahlil: Berkat Infrastruktur

Secara agregat, Indonesia Investment Authority digadang-gadang mampu mendorong iklim investasi di Tanah Air. Sejumlah aset negara seperti Jalan Tol akan mengalami peningkatan nilai.

Setelah merampungkan proses seleksi Dewan Pengawas dari unsur profesional yang ditutup dengan konsultasi dengan DPR, Presiden Jokowi melantik Dewan Pengawas LPI) di Istana Negara pada hari Rabu pagi tadi.

Kepastian komposisi Dewan Pengawas LPI diperoleh setelah DPR memberikan respon dan tanggapan positif dalam rapat konsultasi dengan Panitia Seleksi Dewan Pengawas LPI pada tanggal 20 Januari 2021.

Ada tiga nama Dewan Pengawas dari unsur profesional akan melengkapi 5 kursi Dewan Pengawas yang dua diantaranya telah dijabat secara ex-officio oleh Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan dan Erick Thohir selaku Menteri BUMN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini