Warning! Tak Lakukan Apa-Apa, Cadangan Migas Indonesia Habis

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 320 2352315 warning-tak-lakukan-apa-apa-cadangan-migas-indonesia-habis-PEfLk6qavH.jpg Minyak Mentah (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memprediksi bahwa cadangan minyak dan gas bumi di tanah air tidak akan bertahan lebih lama. Terutama, jika tidak ada penemuan cadangan baru ke depannya.

Umur cadangan untuk minyak bumi diperkirakan hanya bisa sampai 9,5 tahun. Sedangkan cadangan gas bumi yang ada saat ini disebut masih cukup untuk 19,9 tahun.

 Baca juga: Defisit Transaksi Berjalan Migas Bakal Melebar

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan bahwa hal yang diungkapkan oleh kementerian ESDM merupakan peringatan bagi kita semua.

"Ya ini warning dari pemerintah kalau kita tidak melakukan apa-apa maka kita akan kehabisan minyak dan gas bumi," katanya dalam Market Review IDX Channel, Kamis (28/1/2021)

 Baca juga: Cadangan Minyak Indonesia Habis 9,5 Tahun Lagi!

Ia menyampaikan, untuk mengatasi hal ini pemerintah telah banyak melakukan hal, salah satu melakukan eksplorasi ke daerah cadangan baru. Saat ini, pencarian cadangan minyak dan gas bumi bergerak ke wilayah timur Indonesia.

"Untuk itu maka kita terus berupaya untuk melakukan bisnis asussual oleh karena itu kita melakukan pengeboran untuk terus meningkatkan produksi. selain bisnis asussual kami juga melakukan eksplorasi " Jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan berbagai cara agar demand atau permintaan gas dan minyak bumi ini tidak semakin tinggi setiap tahunnya. Cara dengan adanya program kompor listrik, mobil listrik mau pun panel surya.

"Ini sangat serius untuk sama kita fokus agar semua sadar tentang kondisi ini. Semua pihak kami berharap bisa saling mendukung untuk hal ini" tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini