10 Cara Sulap Ruang Tamu Kecil Terasa Lebih Besar

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 470 2352853 10-cara-sulap-ruang-tamu-kecil-terasa-lebih-besar-isL1fYVUo4.jpg Ruang Tamu (Foto: Houzz Ezz)

JAKARTA – Ruang tamu merupakan salah satu bagian penting dalam rumah. Namun, keterbatasan ruang kerap kali menjadi masalah yang dihadapi pemilik rumah. Tak sedikit yang memiliki masalah dengan desain ruang tamu kecil.

Meski begitu, hal ini bisa diatasi dengan memberikan efek tipuan mata untuk membuat ruang tamu kecil terlihat luas. Trik semacam ini dapat mengubah area yang terasa sempit dan sesak menjadi lebih nyaman.

Dilansir dari House Beautiful, Jakarta, Kamis (28/1/2021), berikut ini beberapa trik yang bisa diterapkan untuk menciptakan ruang tamu yang semula kecil menjadi terasa lebih luas.

Baca Juga: 5 Tips Ciptakan Desain Interior Rumah yang Menarik

1. Pasang Pencahayaan dengan Cerdas

Pencahayaan menjadi poin penting untuk membuat ruangan menjadi terasa lebih besar. Pilih pencahayaan yang dapat dipasang di dinding atau digantung dari atas untuk menghemat ruangan pada lantai. Misalnya, lampu model dapat menghadirkan dimensi ke dinding, dan ideal untuk ruangan kecil.

2. Ganti Sofa dengan Kursi Klub

Jika tidak memiliki ruang tamu yang luas, maka lupakan memilih sofa dengan ukuran besar. Sebagai gantinya, pilih dua kursi klub berlengan yang nyaman. Ini dapat menghemat lebih banyak ruang namun tetap cantik secara tampilan.

Baca Juga: 5 Tips Desain Kontemporer di Ruang Makan

3. Pilih Karpet Besar

Memilih karpet yang lebih besar atau bahkan dengan pola yang berani, adalah trik untuk membuat ruangan terasa lebih besar. Karpet yang berukuran besar juga tidak akan merusak lantai secara visual.

ruang tamu

4. Manfaatkan Plafon Tinggi

Plafon yang tinggi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kekurangan ukuran ruangan. Untuk memanfaatkan ruang vertikal tersebut, tonjolkan jendela tinggi dengan tirai tinggi dan wallpaper. Selain itu, tirai yang digantung di atas jendela akan menambah ketinggian pada ruangan kecil.

5. Gunakan Rak Build In

Manfaatkan sudut pada ruang tamu yang kecil untuk membuat rak build in. Cara ini bisa menambahkan ruang penyimpanan esktra tanpa membuat ruangan menjadi sempit. Jaga agar warnanya sama dengan dinding agar terlihat menyatu dengan desain keseluruhan ruangan.

6. Pilih Warna Cat Gelap

Dinding yang gelap dan mengkilap akan menciptakan kesan ruangan yang modern sekaligus membuatnya terasa lebih luas. Mengecat langit-langit dengan warna yang sama juga dapat meningkatkan kesan ruang yang lebih intim. Padukan dengan furnitur berwarna lebih cerah.

7. Pajang Karya Seni

Pajang karya seni seperi lukisan atau foto pada dinding untuk menipu mata dan memperluas atau menonjolkan ketinggian ruangan. Atur dengan memajangnya ke langit-langit untuk membuat ruangan terasa lebih besar.

8. Biarkan Cahaya Alami Masuk

Jika ruang tamu memiliki akses ke banyak cahaya alami, jangan halangi dengan tirai gelap. Biarkan cahaya masuk agar ruangan terasa lebih lapang dan terbuka. Meskipun tidak memiliki jendela besar dan banyak sinar matahari, pilih warna tirai yang lebih terang untuk memaksimalkan cahaya yang dimiliki.

9. Gunakan Cermin

Cermin membantu membuat ruangan kecil terlihat jauh lebih besar. Maka, manfaatkan cermin yang bagus untuk memantulkan cahaya ke sekeliling ruangan sehingga membuatnya tampak lebih terbuka.

10. Pilih Furnitur Multifungsi

Ketika memiliki ruangan yang kecil, yang bisa dilakukan adalah menjadi kreatif. Buat segala sesuatu furnitur memiliki banyak fungsi atau tujuan. Misalnya, meja yang bagian bawahnya bisa digunakan sebagai rak untuk menyimpan barang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini