Ubah Kamar Tidur Jadi Ruang Kerja, Siapkan Meja Multifungsi

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 470 2353976 ubah-kamar-tidur-jadi-ruang-kerja-siapkan-meja-multifungsi-oQoIee9aQx.jpg Ruang Kerja (Shutterstock)

JAKARTA - Sebagai seorang pekerja tak jarang sering membawa pekerjaan kantor ke rumah. Terlebih jika seorang freelancer, tentu butuh ruangan khusus untuk menunjang pekerjaan dengan baik. Namun, kondisi rumah minimalis yang terbatas menjadi penghalang untuk membuat ruang kerja sendiri.

Tapi jangan khawatir, walaupun tidak ada ruangan khusus untuk dijadikan ruang kerja, bisa menyatukan beberapa ruang sehingga menjadi kamar multifungsi. Salah satunya menjadikan kamar tidur sekaligus ruang kerja.

 Baca juga: 10 Cara Sulap Ruang Tamu Kecil Terasa Lebih Besar

Kamar tidur yang merangkap sebagai ruang kerja tentu harus memiliki area dan suasana yang nyaman. Mengutip dari buku Inspirasi Kamar Tidur Kreatif karya Agustin Rozalena, Senin (1/2/2021) ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjadikan kamar tidur sebagai ruang kerja.

Pertama, usahakan ruang kamar harus memiliki luas yang cukup. Setidaknya untuk menciptakan ruang kerja dan kamar tidur yang nyaman membutuhkan luas 4 mx 5 m.

 Baca juga: 10 Cara Sulap Ruang Tamu Kecil Terasa Lebih Besar

Kedua, rencanakan area untuk tempat tidur, lemari, dan meja kerja. Dalam hal ini dapat mempertimbangkan luas ruangan dengan ukuran furnitur yang akan dipilih. Atur sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Ketiga, meja kerja dapat difungsikan sebagai meja rias, tetapi beri ruang untuk meletakkan atau menyimpan keduanya. Laci-laci pada meja dapat diisi sesuai keperluan.

 Baca juga: 4 Cara Jitu Simpan Barang agar Terlihat Rapi meski Dapur Sempit

Keempat, supaya ruangan tidak pengap jangan gunakan banyak lemari dan nakas. Bisa diganti dengan rak gantung atau penambahan laci pada tempat tidur. Gunakan juga ambalan kaca sebagai pemisah peralatan kerja satu dan lainnya.

Kelima, letakkan satu rak khusus untuk komputer dan printer. Tempatkan di sudut ruangan agar tidak membuat sempit dan tampak lebih rapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini