Tips Mengelola Keuangan agar Pengeluaran Tak Berlebihan

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 622 2355004 tips-mengelola-keuangan-agar-pengeluaran-tak-berlebihan-6MM3f4fDZd.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Mengelola keuangan merupakan hal penting yang harus dibiasakan agar finansial terkelola dengan baik. Namun tidak sedikit orang yang masih bingung bagaimana cara pengelolaannya.

Kebanyakan orang juga menabung terlalu sedikit, dan tanpa sadar mengeluarkan uang terlalu banyak. Dengan adanya pengelolaan keuangan bisa menjadi pengontrol kebiasaan finansial dan membatasi pengeluaran berlebihan.

Baca Juga: Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Pakai Kartu Kredit

Melansir dari The Balance, Rabu (3/2/2021) ada tips pengelolaan keuangan yang bisa diikuti, yaitu pembagian 50/30/20.

50/30/20 ini merupakan cara untuk mengalokasikan anggaran menjadi tiga kategori, yaitu 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tujuan keuangan.

Baca Juga: Terapkan 3 Hal Ini Usai Gajian agar Tak Bokek di Akhir Bulan

Hal ini bukan merupakan peraturan mutlak keuangan. Melainkan tips untuk membantu mengelola anggaran yang sehat secara finansial. Persentase juga bisa disesuaikan berdasarkan keadaan keuangan pribadi.

Pembagian 50/30/20 ini dilakukan agar mudah dalam merencanakan anggaran keuangan. Berikut cara pengalokasikannya.

50% untuk Kebutuhan. Kebutuhan merupakan hal penting yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari. Seperti sewa rumah, bahan makanan, listrik, air, dan saluran pembuangan.

30% untuk Keinginan. Keinginan adalah apa yang diinginkan tetapi sebenarnya tidak diperlukan untuk bertahan hidup. Termasuk hobi, liburan, makan di luar, layanan digital dan hal lainnya.

20% untuk Tujuan Keuangan. Kategori ini mencakup dua bidang utama, pertama untuk semua tabungan. seperti kontribusi pensiun, tabungan untuk rumah, tabungan pendidikan dan lainnya. Kedua, untuk pembayaran hutang.

Cara penerapannya adalah, hitung gaji bulanan kemudian ditambah pendapatan lain di luar gaji. Setelah itu buat catatan rencana anggaran berdasarkan tiga kategori tersebut. Plot-plotkan rencana yang sudah dibuat, setelah itu sisihkan uang berdasarkan perhitungannya. Jika sudah diterapkan, coba bandingkan dengan keadaan finansial sebelum melakukan tips ini. Dijamin finansial lebih teratur dan terkelola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini