Terapkan 3 Hal Ini Usai Gajian agar Tak Bokek di Akhir Bulan

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 622 2354441 terapkan-3-hal-ini-usai-gajian-agar-tak-bokek-di-akhir-bulan-4uicd2ooqL.jpg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menghemat pengeluaran usai gajian merupakan salah satu hal penting yang harus diterapkan bagi semua orang. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan keuangan. Agar pemenuhan kebutuhan dapat berjalan dengan baik.

Sayangnya, masih jarang orang paham tentang cara atur pengeluaran yang tepat. Sebab jika gaji sudah cair pasti tanpa sadar uang akan habis begitu saja, bahkan untuk pengeluaran yang tidak penting.

Tapi jangan khawatir, dikutip dari akun Instagram Prita Ghozie, Senin (1/2/2021) berikut tips mengatur pengeluaran agar tidak boros dan terkontrol.

1. Menganalisa Pengeluaran

Pastikan membudget pengeluaran yang akan digunakan setiap bulannya. Namun jika sudah menerapkan hal tersebut tapi masih mengalami pengeluaran boros tiap bulannya, artinya ada yang bermasalah. Maka itu, buat catatan pengeluaran, menganalisa pos pengeluaran, dan mengatur ulang budget yang lebih realistis.

2. Membagi Pengeluaran dengan Rekening Digital

Biasakan untuk membagi pos pengeluaran minimal menjadi 3. Pertama, pos living mencakup belanja bulanan, beli bensin, bayar internet, bayar listrik, dan lainnya. Kedua, pos playing mencakup jajan makanan, belanja skincare online, dan lain-lain. Ketiga, pos saving mencakup pembayaran asuransi, menabung dana darurat, dan beli investasi.

3. Menggunakan Pembayaran Non-Tunai

Melalui sistem non-tunai semua urusan pengeluaran jadi lebih mudah dan terkontrol. Sebab akan terkoneksi dengan platform e-commerce, online shop, dan merchant online. Sehingga bisa memiliki pengeluaran otomatis yang akan langsung bisa dilihat dan ditinjau kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini