Share

Mundur dari Amazon, Kekayaan Jeff Bezos Setara APBN Indonesia Rp2.632 Triliun

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 455 2355561 mundur-dari-amazon-kekayaan-jeff-bezos-setara-apbn-indonesia-rp2-632-triliun-t14o0PYG6P.jpg Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon (Foto: CNBC)

JAKARTA Jeff Bezos mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Amazon. Kini dia akan menjabat sebagai executive chairman di perusahaan miliknya tersebut.

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (3/2/2021), pria berkepala plontos itu memiliki harta kekayaan sebesar USD188 miliar atau setara Rp2.632 triliun (mengacu kurs USD Rp14.000) . Harta Jeff Bezos setara APBN Indonesia 2021 sebesar Rp2.750 Triliun.

Baca Juga: Jeff Bezos Mundur dari CEO Amazon Akhir 2021

Amazon adalah e-commerce terbesar di dunia. Perusahaan yang berbasis di Seattle ini menjual buku, peralatan rumah tangga, dan produk lainnya melalui situs web andalannya. Lalu, Amazon juga mengontrol rantai grosir Whole Foods dan menawarkan komputasi awan dan layanan streaming video.

Sebelumnya, Jeff Bezos menyerahkan peran CEO kepada Andy Jassy akhir tahun ini. Menurut Amazon, Bezos akan menyandang peran sebagai Executive Chair sekitar kuartal ketiga 2021. Pada saat itu, Andy Jassy akan mengambil alih peran sebagai CEO Amazon.

Baca Juga: Bukan Elon Musk, Pria Ini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Saat ini, Jassy adalah CEO Amazon Web Service (AWS). Memang, Jassy telah memimpin di sana sejak AWS pertama kali dibuat. Sebelumnya dia memegang beberapa peran kepemimpinan di Amazon usai bergabung dengan perusahaan tersebut pada 1997.

Dalam sebuah surat kepada karyawan yang diterbitkan oleh Amazon, Bezos menggambarkan keputusan untuk keluar dari kursi CEO sebagai salah satu prioritas waktu.

“Menjadi CEO Amazon adalah tanggung jawab yang dalam, dan itu menghabiskan banyak waktu. Ketika Anda memiliki tanggung jawab seperti itu, sulit untuk memperhatikan hal lain. Sebagai Exec Chair, saya akan tetap terlibat dalam inisiatif penting Amazon tapi juga memiliki waktu dan energi yang saya butuhkan untuk fokus pada Day 1 Fund, the Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan minat saya yang lain,” kata Bezos.

Lebih lanjut Bezos menuturkan dia tidak pernah memiliki lebih banyak energi, dan ini bukan tentang pensiun. “Saya sangat bersemangat tentang dampak yang menurut saya dapat ditimbulkan oleh organisasi ini,” ujarnya.

Terlepas dari itu, keputusan yang diambil Bezos tidak terduga. Dia telah mengubah Amazon dari awal yang tidak pasti menjadi raksasa ritel. Bahkan, selama pandemi, Amazon menerima lonjakan belanja online karena orang-orang berusaha untuk tetap di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini