Gaji Tak Naik, Coba Usaha Sampingan Ikan Cupang Yuk

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 455 2355799 gaji-tak-naik-coba-usaha-sampingan-ikan-cupang-yuk-rmOPuy5PuH.jpg Ikan Cupang (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Belakangan ini bisnis ikan cupang sedang naik daun dan menarik perhatian karena warnanya yang aktraktif. Bisnis ikan cupang hias dijadikan salah satu peluang usaha yang menjanjikan keuntungan cukup besar.

Di sisi lain, bisnis cupang ini bisa jadi peluang bagi karyawan yang tahun ini tidak mengalami kenaikan gaji.

Baca Juga: Daftar Bisnis yang Ngetren Sepanjang 2020, dari Ikan Cupang hingga Janda Bolong

Penggemarnya pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari orang gedongan, kaum pinggiran, anak-anak, hingga lansia. Perawatan ikan cupang juga tidak memerlukan sarana khusus, cukup dengan aquarium kecil atau stoples.

Mengutip dari buku Panduan Lengkap Budi Daya & Perawatan Cupang Hias karya Joty Atmadjaja dan Maloedyn Sitanggang, Kamis (4/2/2021) aspek lain yang menarik dari fenomena cupang saat ini adalah daya jualnya yang lumayan.

 

Cupang dengan ukuran 8 cm bisa mencapai harga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Sebab banyak cupang yang dikawinkan dengan jenis satu sama lain sehingga menghasilkan varietas baru setiap tahunnya.

Hal ini tentu menjadi hal positif bagi pengusaha cupang, pertama pasar tidak jenuh karena jenisnya yang beragam. Kedua, harga cupang cenderung semakin menjulang karena para penggemar yang fanatik dan suka mengikuti kontes tentu akan mencari cupang yang bermutu dengan harga yang relatif mahal.

Kunci dari keberhasilan budi daya ikan cupang adalah usaha dan kerja keras serta kesabaran untuk mengupayakan varietas-varietas baru yang unggul. Sifat ikan yang gemar kawin, tentu akan memudahkan menciptakan varietas baru.

Dengan terbukanya era teknologi informasi penjualan cupang bisa melebar ke situs seluruh dunia. Hal ini membuat pasar cupang tidak terbatas pada penggemar dan hobi di dalam negeri saja, melainkan juga di luar negeri. Harga cupang yang ditawarkan juga bervariasi. Umumnya menggunakan mata uang dolar Amerika, biasa dibanderol dari harga satu dolar hingga ratusan dolar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini