Ekonomi Uni Eropa Diramal Tumbuh 3,7% Tahun Ini

Jum'at 12 Februari 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 320 2360900 ekonomi-uni-eropa-diramal-tumbuh-3-7-tahun-ini-GYkgblxoVJ.jpg Ekonomi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Para pejabat Uni Eropa (UE) memperkirakan pertumbuhan ekonomi mencapai 3,7% pada tahun ini selama ada kemajuan dalam mengatasi pandemi virus corona atau Covid-19

Dalam laporan kuartalan yang dirilis, Uni Eropa memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 3,7% tahun ini dan sedikit lebih baik lagi pada tahun depan.

Baca Juga: Ekonomi Eropa 2020 Minus 6,8% Gegara Lockdown 

Laporan itu mengutip pelambanan ekonomi yang dimulai pada akhir 2020 sementara negara-negara memberlakukan kembali lockdown di tengah-tengah gelombang baru infeksi COVID-19.

“Pertumbuhan ekonomi siap dimulai kembali pada musim semi dan mendapatkan momentumnya pada musim panas sementara program vaksinasi mengalami kemajuan dan langkah-langkah pembatasan secara bertahap melonggar,” sebut laporan itu seperti dilansir VOA Indonesia, Jakarta, Jumat (12/2/2021).

Laporan itu juga mencatat tingkat ketidakpastian dalam prakiraan, dengan lockdown yang berlangsung terus menerus dan tingkat pengangguran yang tinggi berpotensi memperlambat tingkat pertumbuhan, tetapi juga ada potensi bagi vaksinasi yang lebih cepat yang dapat mendorong ekonomi negara-negara anggota membuka diri dengan lebih cepat.

Menurut laporan itu, beberapa bulan terakhir ini “menantang,” tetapi kesulitan hampir berakhir.

Seperti diketahui, kantor statistik Eropa alias Eurostat merilis pertumbuhan ekonomi Eropa pada kuartal IV-2020. Tercatat terjadi penurunan sebesar 0,7% akibat kebijakan lockdown di beberapa negara demi menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Secara keseluruhan ekonomi Eropa 2020 minus sebesar 6,8%. Padahal, pada kuartal III, wilayah tersebut telah mengalami tingkat pertumbuhan sebesar 12,4%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini