Menko Luhut Percepat Jalan Tol Tebing Tinggi-Sarbelawan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 320 2361682 menko-luhut-percepat-jalan-tol-tebing-tinggi-sarbelawan-vE7csC2wwg.jpg Jalan tol (reuters)

JAKARTA - Pemerintah akan memperbaiki infrastruktur di Danau Toba, Sumatera Utara. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengatakan proyek jalan Tol Tebing Tinggi - Sarbelawan untuk mempercepat akses ekonomi Indonesia.

"Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat," ungkap Menko Luhut di Jakarta, Minggu (14/2/2021).

 Baca juga: Tol Cipali Ambles, Truk Gandeng Cs Dibatasi hingga 28 Maret

Jalan tol yang menyambungkan Parapat ke Kualanamu Ini akan meningkatkan akses pembangunan serta kesiapan danau Toba sebagai daerah DPSP. Pembangunan tol ini juga akan meningkatkan perekonomian daerah-daerah sekitar karena mudahnya akses yang ada.

Tol yang akan dibuka pada akhir Desember 2021 akan menghubungkan sampai ke Pematang Siantar. Sedangkan rencana pembangunan jalur Parapat dan Sibolga diperkirakan akan rampung pada tahun 2024.

 Baca juga: Bayar Tol Tanpa Berhenti Ditargetkan Akhir 2023

Pembangunan tol ini akan menjadikan jarak tempuh dari Parapat hingga Kualanamu hanya dalam waktu satu setengah hingga dua setengah jam.

"Akan dibangun pula kawasan-kawasan wisata di sekitar jalan tol yang juga sekaligus memajukan usaha UMKM sekitar. Diharapkan, jalan tol ini dapat merangkai simpul ekonomi masyarakat sekitar secara keseluruhan," katanya.

Diharapkan berbagai kemajuan pembangunan akan segera dirasakan oleh masyarakat sekitar dan Danau Toba akan menjadi salah satu daerah DPSP yang telah memiliki kemajuan yang pesat.

"Sangat membanggakan, pembangunan ini agar dilaksanakan dengan rapi, akan merubah tanah ini menjadi penuh harapan untuk dikembangkan ke depannya," tutup Menko Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini