Menko Luhut Sebut 25 Toilet di Danau Toba Dibangun Organisasi Internasional

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 320 2361818 menko-luhut-sebut-25-toilet-di-danau-toba-dibangun-organisasi-internasional-5G6uHvjQvM.jpg Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melakukan pengembangan spot pariwisata di kawasan super prioritas Danau Toba. Salah satu pengembangan besarnya adalah penyediaan fasilitas toilet yang layak.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhit Binsar Pandjaotan mengatakan sudah ada 25 toilet baru yang dibangun dari dana CSR berbagai perusahaan. Adapun, pengelolaan toilet-toilet itu akan dilakukan oleh sebuah organisasi internasional bernama Mister Loo.

 Baca juga: Luhut Pantau Progres Pembangunan Destinasi Super Prioritas Danau Toba

"Ada 25 toilet yang baru dibangun di spot-spot turis di Danau Toba ini, dan ini CSR dari beberapa perusahaan. Kita kontrakkan ini dengan namanya Mister Loo, Mister Loo ini punya organisasi internasional yang ngurus WC," ujar Luhut dalam video yang diunggah dalam akun instagram pribadinya, Minggu (14/2/2021).

Kata dia, progres pembangunan baik lainnya juga saya lihat pada penataan destinasi wisata super prioritas di sekitar wilayah Danau Toba. Pasalnya, pemerintah memang menaruh "concern" khusus soal pengadaan toilet dan air bersih berstandar internasional disana,.

 Baca juga: Menko Luhut Ungkap Ternyata Potensi Danau Toba Tak Hanya Alam

" Karena saya berpikir bahwa seindah apapun sebuah destinasi wisata jika tidak ada toilet dengan akses air bersih yang baik maka keindahannya akan berkurang," bebernya.

Dia menambahkan gambaran utuh segala hal yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo berjalan sesuai rencana, tentunya melegakan. Karena meskipun terkendala pandemi, pembangunan dan penataan kawasan Danau Toba masih terus berjalan sehingga tidak lama lagi masyarakat Toba dan tentunya seluruh rakyat Indonesia bisa menikmati keindahan alam.

" Ini berkah Tuhan YME yang luar biasa diberikan untuk bangsa dan negara yang besar ini," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini