Ada Indikasi Longsor, BPJT Pelototi Jalan Tol Batang-Semarang

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 320 2362287 ada-indikasi-longsor-bpjt-pelototi-jalan-tol-batang-semarang-VOxD0zmWm6.jpg BPJT Pantau Kondisi Sejumlah Jalan Tol. (Foto: Okezone.com/Waskita)

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memantau kondisi beberapa jalan tol di tengah musim penghujan ini. Tujuannya agar kejadian jalan amblas yang terjadi di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) tidak terjadi lagi.

Pelaksana Harian (Plh) Anggota BPJT Unsur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin mengatakan, salah satu yang saat ini sedang dipantau adalah Jalan tol Batang-Semarang. Tepatnya pada Kilometer (Km) 350 dan 364.

Baca Juga: Menko Luhut Percepat Jalan Tol Tebing Tinggi-Sarbelawan

Menurut Nurdin, jalan tol tersebut memiliki potensi untuk mengalami longsor. Mengingat curah hujan yang diperkirakan masih akan terus tinggi dalam beberapa hari ke depan.

"Kita juga sedang pantau Km 350 dan Km 364 Batang-Semarang yang ada potensi untuk longsor," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (15/2/2021).

Baca Juga: Menko Luhut Percepat Jalan Tol Tebing Tinggi-Sarbelawan

Memang menurut Nurdin, saat ini belum ada rembesan air yang ada di jalan tol tersebut. Namun, pihaknya menemukan ada indikasi longsor karena aliran sungai yang mulai menggerus.

"Belum sih (Belum ada rembesan) cuma ada indikasi longsor karena ada saluran air yang mulai menggerus juga," ucapnya.

Menurut Nurdin, saat ini jalan tol tersebut sedang dilakukan perbaikan dan penguatan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini PT Jasamarga Semarang Batang. Nantinya treatment perbaikan dan penguatan akan sama seperti yang dilakukan di jalan tol Cipali.

"Sekarang sedang dilakukan perbaikan dan perkuatan," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini