Siapa yang Lebih Kaya, Anthony Salim atau Djoko Susanto?

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 05:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 455 2364367 siapa-yang-lebih-kaya-anthony-salim-atau-djoko-susanto-j1kSkDj7hP.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Sebagai pengusaha waralaba tersukses, Anthony Salim dan Djoko Susanto masuk menjadi orang kaya di Indonesia. Keduanya pun kerap bersaing untuk menghadirkan Indomaret dan Alfamart hingga ke pelosok Tanah Air.

Seperti diketahui, orang terkaya Indonesia Anthony Salim merupakan seorang pendiri PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) sejak tahun 1998. Terhitung, kini terdapat 28 kantor cabang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan gerainya pun sudah ada sebanyak 16.336 yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air.

Dilansir dari Forbes, kekayaan bersih Anthony Salim pada tahun 2020 mencapat USD5,9 miliar atau setara Rp82,6 triliun (mengacur kurs Rp14.000 per USD).

Anthony Salim juga merupakan CE0 dari Indofood, dengan nilai penjualan perusahaan tersebut mencapai USD5,1 miliar. Teranyar, Indofood PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) telah membeli seluruh saham milik PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang dimiliki Fritolay Netherlands Holding BV (Fritolay) yang terafiliasi dari PepsiCo Inc. Pembelian saham itu tercatat mencapai Rp494 miliar.

Sementara itu, orang terkaya Indonesia Djoko Susanto juga tidak kalah hebat. Djoko Susanto merupakan seorang pemilik grup Alfamart, bisnis ritel dengan konsep mini-mart.

 

Djoko Susanto kemudian mengembangkan bisnis ritel Alfa Supermarket yang saat ini, di bawah pengelolaan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, mereka menjalankan lebih dari 5.500 toko di bawah beberapa merek seperti Alfamart, Alfa Express, Alfamidi dan Lawson.

Dirilis oleh Forbes, Djoko Susanto kekayaannya pada tahun 2020 naik USD8 juta atau 55% menjadi USD1,5 miliar atau setara Rp21 triliun.

Baca selengkapnya: Antoni Salim vs Djoko Susanto, Adu Kekayaan Pemilik Indomaret dan Alfamart

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini