Jokowi: Beli Kreatif Danau Toba, Waktunya Pariwisata Tumbuh Bersama Ekonomi Kreatif

Dita Angga R, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 320 2365395 jokowi-beli-kreatif-danau-toba-waktunya-pariwisata-tumbuh-bersama-ekonomi-kreatif-48zLqKkwee.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan kampanye Beli Kreatif Danau Toba. Kampanye ini merupakan tindak lanjut dari Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Jokowi menyebut Gernas BBI pada tahun lalu berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM ke platform e-commerce. Hal ini untuk bisa memperluas potensi pasar sampai tingkat nasional bahkan hingga mancanegara.

Baca Juga: Sandiaga Usul 34 Juta Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Dapat Vaksin Covid-19

“Dengan bangga secara resmi saya meluncurkan kampanye Beli Kreatif Danau Toba. Kampanye ini akan dilengkapi dengan edukasi dan pendampingan bagi para pelaku kreatif dan UMKM untuk bisa benar-benar maju di industri digital. Bukan hanya sekedar bisa on boarding di marketplace,” katanya, Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga: Menparekraf: Skema 'Sister Region' Dorong Penciptaan Lapangan Kerja

Jokowi mengatakan bahwa Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas memiliki potensi yang luar biasa dan layak dikembangkan. Misalnya saja produk ulos dan kopi sidikalang yang tersohor.

“Kawasan ini juga cantik dengan bentangan danau vulkaniknya. Paduan pariwisata dan hasil ekonomi kreatif yang layak diagungkan ke nusantara hingga dunia. Dan diharapkan akan mampu membangkitkan ekonomi Indonesia lewat industri digital,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bersamaan dengan peluncuran Beli Kreatif Danau Toba juga memperkenalkan aplikasi jaringan pariwisata atau JP hub. Dia mengatakan aplikasi ini akan menjadi pintu pengetahuan, pencarian hingga pemesan destinasi mulai dari tingkat provinsi hingga desa. Dimana lengkap dengan atraksi wisatanya

“Waktunya pariwisata Indonesia tumbuh bersama ekonomi kreatifnya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini