Siap Uji Klinis, Vaksin Merah Putih Bisa Digunakan Akhir 2021

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2021 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 320 2365427 siap-uji-klinis-vaksin-merah-putih-bisa-digunakan-akhir-2021-3MbXTXj47L.jpeg Vaksin Covid-19 (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pengembangan vaksin Merah Putih yang merupakan karya putra- Putri Indonesia mengalami kemajuan. Vaksin merah putih yang tengah dikembangkan Indonesia siap melakukan uji klinis.

“Eijkman Institute sudah mendapatkan “seeds” dari virus covid-19 dan kemudian akan diuji cobakan. Semoga awal tahun depan sudah bisa diproduksi massal dan ini penting untuk mengantisipasi vaksinasi covid-19 yang harus dilakukan secara reguler,” jelas Erick di Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

Saat ini ada enam lembaga yang mengembangkan Vaksin Merah Putih, yaitu Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Universitas Airlangga (Unair), LIPI, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada dengan masing-masing platform yang berbeda.

 

Sebelumnya, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kemenristek BRIN , Ali Ghufron Mukti mengungkapkan paling lambat vaksin Merah Putih bisa dipakai untuk vaksinasi masyarakat pada akhir 2021.

Ali mengatakan jumlah vaksin Merah Putih yang akan diproduksi diperkirakan masih dalam jumlah kebutuhan atau keperluan untuk vaksinasi di Indonesia. “Tentu vaksin Merah Putih ini kita tergantung sebetulnya kebutuhannya atau keperluannya," tandasnya.

Baca selengkapnya: Vaksin Merah Putih Siap Uji Klinis

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini