6 Fakta Menarik Utang RI Rp5.807 Triliun, Susi Vs Stafsus Sri Mulyani

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 320 2365752 6-fakta-menarik-utang-ri-rp5-807-triliun-susi-vs-stafsus-sri-mulyani-H1tQmImqhJ.jpg Utang Luar Negeri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pada akhir triwulan IV 2020 utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tercatat sebesar USD417,5 miliar atau Rp5.807,43 triliun (kurs Rp13.9100 per USD). Terdiri dari ULN sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral) sebesar USD209,2 miliar dan ULN sektor swasta (termasuk BUMN) sebesar USD208,3 miliar.

Mengetahui jumlah utang Indonesia yang mencapai angka Rp5.807,43 triliun, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mencuitkan sesuatu di akun Twitter pribadi miliknya. Terkait hal itu, Okezone telah merangkum beberapa fakta menarik, Senin (22/2/2021).

1. Susi Pudjiastuti Sentil soal Utang

 

Susi langsung mencuitkan sebuah unggahan portal berita media daring di akun Twitter pribadi miliknya.

"Fakta Seputar Utang Luar Negeri RI yang Kini Rp 5.803 Triliun," tulis Susi di akun Twitternya yang mengikuti judul berita di salah satu media online, Rabu (17/2/2021).

Baca Juga: Utang Luar Negeri RI Tembus Rp5.807 Triliun, BI: Masih Sehat 

2. Cuitan Susi Langsung Direspons Anak Buah Sri Mulyani

Melihat Susi mencuitkan berita tersebut, Stafsus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo pun langsung membalas tweet tersebut.

"Ijin colek Bu @susipudjiastuti," cuit akun Twitter @prastow.

"Bu @susipudjiastuti ysh, ijin meluruskan utk pemahaman publik saja. Total ULN Rp 5. 803 T ini utang pemerintah dan swasta. ULN Pemerintah sendiri Rp 2.907 T. Kenapa oleh @kompascom semua diframing ke Jokowi? Ini yg saya maksud, bahwa perlu dicermati kl retweet tanpa cerita," cuit Yustinus pada akun pribadinya, @prastow pada Rabu (17/2/2021).

3. Yustinus Sindir Susi

Yustinus juga menyinggung Susi yang merupakan salah satu bagian dari pemerintahan yang dimulai sejak 2014. Menurutnya utang pemerintah juga digunakan Susi untuk pembiayaan di Kementerian Kelautan dan Perikanan saat Susi menjabat.

"Bu @susipudjiastuti, itu kan ucapan tim kampanye 2014, tentu conditional, ada penjelasannya. Ibu kan bagian pemerintahan Jokowi-JK yang berutang utk pembiayaan, trmsk membiayai program Kementerian @kkpgoid . Bantu jelasin dong Bu *saya penggemar Ibu lho," cuit Yustinus.

4. Balasan Susi

Susi pun tak tinggal diam. Dirinya meminta Yustinus untuk menjelaskan ihwal cuitannya yang hanya berdasarkan data dari sumber media daring.

"Setelah saya retweet dr tweet pak @prastow Jg dr Kompas, artikel yg baru mohon update dan infokan retweet saya ke follower bapak. Supaya mrk tidak continue mencibir. Trmksh," katanya.


5. BI Sebut Utang Indonesia Masih Sehat

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan ULN yang sehat tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir triwulan IV 2020 yang tetap terjaga di kisaran 39,4%, meskipun meningkat dibandingkan dengan rasio pada triwulan sebelumnya sebesar 38,1%.

"Struktur ULN Indonesia yang tetap sehat juga tercermin dari besarnya pangsa ULN berjangka panjang yang mencapai 89,1% dari total ULN," kata Erwin di Jakarta, Senin (15/2/2021).

 

6. Cara BI dan Pemerintah dalam Jaga Keuangan Indonesia

Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

"Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian," imbuhnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini