Kasur dan Sofa Bernoda Kena Banjir, Bersihkan dengan Cara Ini

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 470 2365799 kasur-dan-sofa-bernoda-kena-banjir-bersihkan-dengan-cara-ini-fL8tu3mzO1.jpg Sofa (Foto: Popsugar)

JAKARTA – Hujan yang terus-menerus dengan intensitas tinggi membuat pemukiman, hingga akses jalan terendam banjir. Saat banjir terjadi, tidak hanya merusak rumah, namun juga perabotan di rumah.

Ketika banjir ada banyak barang yang kadang tak sempat terselamatkan, semisal taplak meja, gorden, pakaian, dan lainnya. Akibatnya, ketika banjir surut, banyak barang yang terkena noda lumpur karena terendam dalam waktu yang cukup lama.

Mengutip dari buku Buku Pintar Ibu Rumah Tangga karya Nailul HD dan Rahmalia Agustina, Senin (22/2/2021) berikut tips membersihkan perabot berkain yang terendam banjir.

Baca Juga: Perhatikan Cara Memilih Sofa Berkualitas agar Tak Menyesal 

Kasur

Kain menyerap kelembapan dan mendorong pertumbuhan jamur dan bakteri. Jika kasur terendam cukup lama dan banyak noda lumpur menempel, maka buang kasur tersebut. Namun, jika kasur terkena air hanya dalam waktu singkat dan air banjir bersih, masih bisa diselamatkan.

Dengan cara membersihkan permukaan dan menjemur kasur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Jika tidak ada sinar matahari langsung, bisa juga menggunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Setelah kasur kering namun tercium bau apek, itu merupakan indikasi adanya jamur. Kasur berjamur harus ditangani oleh seorang profesional untuk dibersihkan dengan benar.

Sofa Kain

Furnitur berlapis kain seperti sofa kemungkinan bisa diselamatkan, tetapi akan muda rusak total terutama jika terendam air cukup lama. Jika hanya terendam sebagian dan dalam waktu yang sebentar, perabot ini masih bisa diselamatkan dan dibersihkan sendiri.

Caranya pisahkan kain pelapis dan dengan furnitur, kemudian keringkan sesegera mungkin untuk mencegah pertumbuhan jamur dan lumut. Namun jika ingin sofa lebih bersih untuk digunakan, bersihkan sofa di layanan pembersih profesional.

Baca Juga:  Ternyata Ini Pentingnya Kenyamaan saat Membeli Sofa Baru

Namun jika noda lumpur sulit dibersihkan dengan cara mencuci yang biasa. Ada trik khusus untuk membersihkan perabot berkain, yaitu menggunakan air larutan khusus.

Buatlah larutan 500 gram washing soda, 500 gram boraks, dan 2 liter air bersih. Setelah itu, rendamlah pakaian, gorden, taplak meja, dan barang lainnya ke dalam larutan tersebut. Rendam kurang lebih selama setengah jam, kemudian bilas. Setelah itu, cuci dengan menggunakan sabun dan air hangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini