Sri Mulyani Cs Bisa Himpun Banyak Modal untuk LPI?

Aditya Pratama, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 320 2368178 sri-mulyani-cs-bisa-himpun-banyak-modal-untuk-lpi-kLM2TqoQVc.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) memperoleh pembiayaan dari pemerintah sebesar Rp15 triliun dalam APBN 2020 dan berlanjut tambahan Rp15 triliun di tahun ini. Selain itu, LPI juga memperoleh Rp45 triliun dalam bentuk pengalihan saham (inbreng) tahun ini.

Dengan melimpahnya modal awal yang diberikan pemerintah kepada LPI, diharapkan ke depannya SWF Indonesia ini mampu menghimpun dana modal lebih banyak dari investor.

 Baca juga: Ternyata Ini Alasan Jokowi Bentuk Lembaga Pengelola Investasi

"Kita berharap LPI makin lama akan makin besar, pemerintah menempatkan modal disini tapi tentunya kita berharap modal dari pemerintah adalah bagian awal, dia bukan yang utama, karena nantinya pembiayaan atau equity akan datang melalui kerja sama dengan investor," ujar Menteri Keuangan periode 2013-2014, Chatib Basri dalam Webinar Nasional ISEI Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Chatib menambahkan, LPI tidak bisa serta merta diharapkan akan memiliki sovereign wealth fund sebesar China, UEA atau Norwegia, karena ini masih merupakan langkah awal setelah direksinya dilantik.

 Baca juga: Erick Thohir Ungkap 3 Tugas Berat LPI, Apa Saja?

"Ini adalah langkah awal yang saya kira tepat dan harus dikembangkan ke depan," kata dia.

Komisaris Utama Bank Mandiri ini menyebut, salah satu konsen yang harus diperhatikan oleh LPI yaitu mengenai governance, karena setiap kali pembicaraan SWF muncul salah satu hal yang image nya muncul adalah mengenai 1MDB atau skandal 1Malaysia Development Berhad.

"Berbeda dengan 1MDB dimana struktur organisasinya dan proses governance dibikin transparan kemudian dibikin independensi di dalam pembuatan decision dan dilihat bagaimana Dewas dipilih bahkan utk nominasi nama melalui pansel," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini