Daftar 10 Orang Terkaya di Hong Kong, Li Ka-Shing Juaranya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 455 2368890 daftar-10-orang-terkaya-di-hong-kong-li-ka-shing-juaranya-ckbvIhARtf.png Miliarder Terkaya di Hong Kong, Li Ka-Shing. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA - Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Hong Kong. Uniknya, selama pandemi Covid-19 harta miliarder Hong Kong malah meningkat. Padahal, pertumbuhan ekonomi negara tersebut minus 6,1%, terburuk sejak krisis keuangan Asia pada 1998.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Hong Kong yang dilansir dari Forbes, Jumat (26//2/2021).

1. Li Ka-Shing

Kekayaan Li Ka-Shing mencapai USD35,4 miliar atau setara Rp495,6 triliun (mengacu kurs 14.000 per USD). Harga saham CK Asset Holding, perusahaan miliknya sebenarnya turun 27%. Namun, penurunan itu mampu dikompensasi dari kenaikan harga saham Zoom, platform konferensi video yang populer selama pandemi.

2. Lee Shau Kee

Di posisi kedua, ada Lee Shau Kee, raja properti yang tahun lalu merebut takhta orang paling tajir di Hong Kong. Kekayaan Kee relatif tak berubah yakni USD30,5 miliar atau setara Rp427 triliun.

Baca Juga: Harta Orang Kaya Hong Kong Naik Jadi Rp4.634 Triliun meski Resesi

3. Henry Cheng

Sementara di posisi ketiga ada Henry Cheng dan keluarganya yang hartanya naik USD1,4 miliar dalam setahun terakhir menjadi USD22,1 miliar atau setara Rp309,4 triliun.

4. Yeung Kin-man & Lam Wai-ying

Di peringkat keempat ditempati oleh Yeung Kin-man dan istrinya Lam Wai-ying. Dia tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar USD18,6 miliar atau setara Rp260,4 triliun.

Yeung Kin-man adalah pendiri dan kepala eksekutif Pabrik Kristal Biel.

Yeung dan istrinya, Lam Wai-ying, memiliki Kristal Biel milik pribadi. Biel adalah pemasok layar sentuh smartphone ke Apple dan mempekerjakan 120.000 orang di China daratan.

5. Lui Che Woo & family

Lui Che Woo memiliki kekayaan bersih sebesar USD17,8miliar atau setara Rp249,2 triliun.

Dia merupakan pemilik usaha kasino Makau Galaxy Entertainment Group dan pengembang properti K. Wah International Holdings, keduanya terdaftar di Hong Kong.

Awalnya pemasok bahan konstruksi, K. Wah mengembangkan properti, terutama di Hong Kong dan Cina daratan.

Lui menyumbangkan USD1,2 miliar pada tahun 2015 untuk memberikan yayasannya dan Hadiah Lui Che Woo.

Baca Juga: Orang Terkaya Hong Kong, 'Superman' Li Ka-shing Punya Harta Rp500 Triliun

Putra tertua Lui, Francis, mengawasi operasi Galaxy sementara putri Paddy dan putranya Alexander fokus pada K. Wah.

Lui pertama kali membuat tanda dengan memasok kerikil untuk ledakan konstruksi pascaperang Hong Kong.

6. Lee Man Tat

Lee Man Tat merupakan orang terkaya ke-6 di Hongkong yang memiliki kekayaan bersih sebesar USD17,4miliar atau setara Rp243,6 triliun.

Lee Man Tat adalah ketua Grup LKK, induk dari Lee Kum Kee, pembuat saus tiram terbesar di dunia. Dia telah mengambil peran penasihat. Son Charlie menjalankan operasi sehari-hari LKK dan anak-anak lainnya - Eddy, David, dan Elizabeth - juga terlibat.

7. Peter Woo

Peter Woo tercatat sebagai orang terkaya ke-7 di Hongkong yang kekayaannya ditaksir mencapai USD17 miliar atau setara Rp238 triliun.

Peter Woo adalah ketua pengembang properti Wheelock & Co. dan anak perusahaan utamanya, Wharf Holdings, sebelum mengundurkan diri pada tahun 2015.

Putranya Douglas, yang sekarang memimpin Wheelock, menjadikan perusahaan itu pribadi pada tahun 2020. Selain properti, Wheelock dan Wharf mengontrol aset telekomunikasi, pelabuhan, dan ritel yang penting, termasuk jaringan department store mewah Lane Crawford.

Woo memulai karirnya pada tahun 1972 dengan Chase Manhattan Bank di New York, di mana ia bertemu calon istrinya Bessie, putri taipan perkapalan Y.K. Pao. Pada tahun 1975 ia bergabung dengan bisnis keluarganya di Hong Kong.

Lee yang lebih muda sekarang mengawasi jaringan distribusi yang luas di lebih dari 100 negara yang didukung oleh lima pabrik.

Anak laki-laki lainnya, Sammy, mengepalai LKK Health Products, bagian dari grup produk kesehatan herbal China. Pada Agustus 2017, keluarga tersebut berekspansi ke Eropa dengan akuisisi gedung pencakar langit senilai USD1,7 miliar di London yang dikenal sebagai Walkie-Talkie.

8. Joseph Lau

Orang terkaya ke-8 di Hongkong jatuh kepada Joseph Lau. Kekayaan bersih dia ditaksir mencapai USD13,5 miliar atau setara Rp189 triliun.

Joseph Lau adalah mantan ketua pengembang properti Chinese Estates, yang sebagian besar diakuisisi pada tahun 1986.

Namun, sebagian besar kekayaannya sekarang berasal dari kepemilikan real estat utama di Hong Kong.

Seorang kolektor seni yang rajin, kekayaannya juga termasuk karya-karya dari Warhol, Gauguin, dan Hockney yang bernilai setidaknya USD1 miliar.

Dia menjadi miliarder pada tahun 2006 dan saudaranya Thomas juga seorang miliarder. Pada 2017 Joseph Lau mengatakan dia mentransfer sebagian besar kekayaannya kepada istri dan putranya, dengan alasan masalah kesehatan yang serius.

9. Kwong Siu-hing

Kwon Siu-hing merupakan satu-satunya miliarder perempuan di Hong Kong yang masuk ke dalam daftar 10 orang terkaya di sana. Dia memiliki kekayaan bersih sebesar USD13,4 miliar atau setara Rp187,6 triliun.

10. Joseph Tsai

Joseph Tsai merupakan miliarder ke-10 di daratan Hongkong. Dia tercatat memiliki kekayaan sebesar USD12,5 miliar atau setara Rp175 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini