DP Rumah 0%, Pengembang: Perlu Ada Kreasi Pulihkan Ekonomi

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 470 2370294 dp-rumah-0-pengembang-perlu-ada-kreasi-pulihkan-ekonomi-4ktU1v2JSt.jpg Rumah (Shutterstock)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melonggarkan ketentuan uang muka (DP) kredit/pembiayaan properti 0%. Aturan DP KPR 0% akan berlaku 1 Maret 2021. DP KPR 0% diharapkan bisa mendorong pertumbuhan kredit maupun sektor properti di tengah pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Junaidi Abdillah menyambut baik kebijakan pelonggaran uang muka untuk pembelian kredit rumah. Apalagi dengan kondisi pandemi seperti saat ini, dibutuhkan kreatifitas termasuk dalam pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

 Baca juga: 5 Fakta Menarik DP Rumah 0%

"Kita sambut baik karena memang kondisi saat ini perlu ada kreasi dari semua pihak termasuk pemerintah," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (1/3/2021).

Menurut Junaidi, dengan adanya kebijakan ini, perekonomian Indonesia secara keseluruhan akan mulai membaik.Seiring dengan kembalinya masyarakat untuk mengambil kredit atau pinjaman untuk perumahan.

 Baca juga: Relaksasi DP Rumah dan Mobil 0%, BI: Kredit Konsumsi Naik 0,5%

"Dengan DP 0% akan membuat kondisi perekonomian akan lebih baik secara umum," ucapnya.

Junaidi pun membeberkan kondisi penyerapan atau pemberian kredit perumahan selama masa pandemi. Efek dari pandemi yang sudah hampir terjadi satu tahun lamanya, kredit untuk sektor perumahan ikut mengalami penurunan.

"Karena memang penyerapan kredit ini menurun kondisi covid saat ini. Dengan diberlakukannya 0% ini langkah yang baik, salah satu pemulihan ekonomi di masa pandemi," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini