Erick Thohir Ancam Copot Direksi dan Komisaris BUMN

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 320 2371626 erick-thohir-ancam-copot-direksi-dan-komisaris-bumn-ZouSMbYNa5.jpg Kementerian BUMN. (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir tak segan mencopot direksi BUMN jika melanggar Peraturan Menteri (Permen) BUMN Penyertaan Modal Negara (PMN). Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, sanksi juga berlaku bagi dewan komisaris. Di mana, terdapat tiga kategori pelanggaran yang berkaitan dengan jenis sanksinya.

"Masalah PMN ini bukan hanya beban direksi, namun juga menjadi beban komisaris agar dewan komisaris atau dewan pengawas melakukan pengawasan secara benar selama proses PMN itu dilakukan," ujar Arya, Rabu (3/3/2021).

Untuk pelanggaran ringan, pemegang saham akan memotong tantiem direksi dan komisaris yang dihadiahkan perusahaan. Sedangkan, sanksi sedang berupa penghapusan tantiem.

 

Sementara sanksi dari pelanggaran berat berupa pemberhentian atau pencopotan jabatan sebagai direksi dan komisaris BUMN. "Sanksi PMN ini harus mendapatkan persetujuan pengawasan dari dewan komisaris. Jadi, kalau melanggar, maka komisaris dan direksi dapat dijatuhkan sanksi," katanya.

Baca Selengkapnya: Langgar Aturan PMN, Erick Thohir Copot Direksi dan Komisaris BUMN

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini