Erick Thohir Segera Akuisisi Peternakan hingga Tambang Garam di Luar Negeri

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 320 2371760 erick-thohir-segera-akuisisi-peternakan-hingga-tambang-garam-di-luar-negeri-YsSN0LBpz9.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Pemerintah berencana mengakuisisi sejumlah aset milik produsen luar negeri. Aset yang akan dialihkan adalah tambang garam, tambang ortofosfat dan sektor peternakan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencatat, akuisisi akan dilakukan pada 2021-2023 mendatang. Upaya itu untuk menekan impor dalam negeri.

Baca Juga: Langgar Aturan PMN, Erick Thohir Copot Direksi dan Komisaris BUMN

Nantinya, aset yang diambil alih oleh negara akan dikelola sejumlah perseroan pelat merah.

"Beberapa inisiatif kami yang sedang dalam proses, termasuk memperoleh dana untuk mengakuisisi pertambangan garam di luar negeri untuk mengurangi ketergantungan impor kami. Inisiatif ini, merupakan bagian dari 88 proyek strategis kami. Itu akan dieksekusi mulai 2021 hingga 2023," ujarnya dalam gelaran MNC Group Investor Forum 2021 Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Siapkan Aturan PMN, Erick Thohir Tak Mau Ada 'Aneh-Aneh' di BUMN

Adapun BUMN yang akan mengelola hasil aset akuisisi adalah PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID), dan PT Pupuk Indonesia (Persero)

Mantan Bos Inter Milan itu menyebut, langkah pengambilalihan aset perusahaan du luar negeri merupakan bagian untuk meningkatkan rantai pasokan, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional nasional dan memajukan BUMN sebagai pemimpin global.

"Sekali lagi, kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan sektor swasta untuk membangun pertumbuhan Indonesia yang berkelanjutan dan merangkul era pasca Covid-19 yang lebih baik. Bersama-sama, kita akan mengubah potensi menjadi dampak kebaikan dan peluang menjadi kemungkinan yang tak terbatas. Saya berterima kasih pada Anda," tutur dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini