Wapres Tugaskan Menteri Tjahjo Cari Talenta Terbaik Lewat CPNS

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 320 2372379 wapres-tugaskan-menteri-tjahjo-cari-talenta-terbaik-lewat-cpns-4cQit7mzy9.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan merekrut sekitar jutaan pegawai pada tahun ini untuk mengisi di instansi pemerintah pusat maupun daerah. Proses rekrutmen ini akan dilakukan lewat skema Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, lewat seleksi CPNS maupun PPPK diharapkan proses rekrutmen dilakukan dengan sebaik dan setransparan mungkin. Sehingga pemerintah bisa mendapatkan bibit-bibit atau talenta yang terbaik.

Baca Juga: Kriteria CPNS 2021 versi Wapres Ma'ruf Amin

"Saya mengharapkan Kementerian PAN dan RB, dapat mengkoordinasikan pelaksanaan rekrutmen pada tahun ini dengan sebaik mungkin, agar Pemerintah benar-benar memperoleh talenta-talenta terbaik bangsa, bibit-bibit SDM ASN Unggul yang mampu mewujudkan birokrasi kelas dunia," ujarnya dalam acara Rakor Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan CASN 2021, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Formasi CPNS dan PPPK 2021: Paling Banyak Guru, Disusul Tenaga Kesehatan

Wapres menambahkan, sejak 2012 pemerintah terus berupaya memperbaiki sistem perencanaan dan pengadaan pegawai. Melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, sistem perencanaan dan pengadaan terus kita perbaiki agar dapat memenuhi kriteria sistem merit.

"Alhamdulillah saat ini kita juga telah menerapkan sistem seleksi yang dipandang mampu menjaga integritas semua tahapan proses rekrutmen ASN," jelas Wapres.

Namun demikian perbaikan terhadap sistem ini tidak boleh berhenti dan harus terus dilakukan, termasuk penerapan manajemen talenta yang menempatkan ASN sebagai aset yang sangat berharga.

Sehingga perlu pengelolaan secara berkesinambungan guna menjamin perbaikan kualitas dan integritasnya. Untuk itu istilah rekrutmen ASN sering kali disebut dengan akuisisi.

"Karena kita ingin mengakuisisi talenta-talenta terbaik bangsa yang nantinya menjadi aset yang paling berharga," kata Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini