5 Hobi yang Bisa Dijadikan Mesin Uang

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 455 2372195 5-hobi-yang-bisa-dijadikan-mesin-uang-hrxI4dealE.jpg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Salah satu bagian terbaik dari memulai bisnis rumahan adalah kemampuan untuk mengubah hobi menjadi mesin uang. Sebab tidak hanya bersenang-senang melakukan hobi, tetapi juga dapat menghasilkan uang.

Meskipun ada banyak hobi yang dapat diubah menjadi bisnis rumahan, berikut adalah lima hobi umum yang dapat dijadikan peluang bisnis.

Dilansir dari The Balance Small Business, Sabtu (4/3/2021), berikut lima hobi yang dapat dijadikan mesin uang.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Online untuk Emak-Emak 

1. Fotografi

Fotografi bukan hanya ide bisnis rumahan yang layak tetapi juga ada banyak bentuk berbeda yang dapat diambil. Jika lebih suka mengambil foto landscape, dapat menjual hasil fotografi ke sumber foto online. Jika suka memotret objek manusia, pertimbangkan untuk memiliki studio di rumah. Bahkan dapat mengkhususkan diri pada fotografi anak-anak atau hewan peliharaan. Mungkin juga untuk menjadi fotografer pernikahan atau acara.

2. Membaca

Apakah rajin membaca? Jika iya, coba bayangkan mengubah kecintaan pada buku menjadi penghasilan. Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari buku. Jika ingin menuangkan gagasan yang secara khusus, coba untuk memulai blog buku. Pilihan lainnya adalah memulai layanan pengeditan, di mana dapat membaca dan memperbaiki kesalahan dan membantu penulis meningkatkan pekerjaan mereka. Bisa juga menjadi penulis buku dan bekerja dengan penerbit atau menerbitkan sendiri.


3. Berkebun

 

Banyak orang ingin memiliki halaman yang bagus dengan rumput hijau, bunga berwarna-warni, dan bahkan sayuran rumahan. Namun tidak semua orang punya waktu atau bakat untuk membuat taman yang indah. Mengubah kesenangan berkebun menjadi bisnis rumahan bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan, terutama jika sudah memiliki peralatan dan pekarangan yang bagus.

4. Seni/Kreatif

Jika hobi melibatkan upaya artistik, ada banyak cara untuk mengubah kreativitas menjadi penghasilan. Salah satunya dapat menjual produk jadi secara online. Melalui media sosial atau e-commerce. Alih-alih menjual karya yang sudah jadi, bisa menjadi guru private seni untuk menjalankan hobis sekaligus mendapatkan penghasilan.

 

5. Pecinta Hewan

Ada berbagai cara untuk memanjakan kecintaan pada hewan dan mendapatkan penghasilan. Termasuk layanan penitipan hewan dan perawatan. Bisa juga membuat dan menjual aksesoris atau makanan hewan, fotografi hewan peliharaan, dan banyak lagi. Dalam kebanyakan kasus, hanya perlu mencintai hewan untuk memulai bisnis ini. Namun, ide lain, seperti groomer dan boarder mungkin memerlukan lisensi atau mungkin pelatihan dan sertifikasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini