5 Ide Bisnis Online untuk Emak-Emak

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 455 2371549 5-ide-bisnis-online-untuk-emak-emak-3dunb6GvEX.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Menjadi ibu rumah tangga bukan menjadi penghalang untuk mendapatkan penghasilan. Banyak bisnis rumahan yang bisa dilakukan supaya tujuan tersebut bisa didapatkan.

Bisnis yang cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah bisnis berbasis online. Dengan begitu, seorang ibu akan tetap bisa membesarkan anaknya sambil membuka usaha untuk mendapatkan penghasilan.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Kamis (4/3/2021), terdapat 5 rekomendasi yang ditujukan untuk ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis online.

Baca Juga: Pamer Cupang, Erick Thohir Ingat Masa Awal Berbisnis

1. Menawarkan Layanan Online

Jumlah layanan yang dapat ditawarkan dari rumah sendiri tidak terbatas. Tinjau bakat, minat pribadi dan profesionalitas untuk menentukan apakah ada yang dapat diubah menjadi layanan yang dapat dilakukan secara virtual.

Beberapa ide layanan, termasuk menulis, mengedit, dan mengoreksi, meninjau dokumen hukum, pembukuan, desain grafis, dukungan virtual , dan banyak lagi bisa dicoba.

Faktanya, dalam banyak kasus, seseorang dapat mengambil tugas yang dilakukan saat bekerja untuk sebuah perusahaan dan mengubahnya menjadi bisnis rumahan. Bisnis tersebut dapat difokuskan untuk menawarkan layanan kepada masyarakat umum, seperti bimbingan belajar, atau bisnis lain, seperti desain web atau pemasaran.

Baca Juga: Ide Gila Miliarder Charlie Munger Hasilkan Uang

2. Jualan Online

Jika pernah bermimpi membuka toko ritel , itu tidak harus ditunda karena menjadi ibu rumah tangga. Internet memungkinkan untuk menjual produk dari lokasi mana pun, termasuk dari rumah.

Mengenai produk, bisa menjual produk yang dibuat sendiri atau membeli secara grosir atau barang bekas untuk dijual kembali. Membuat toko online lebih mudah dan lebih terjangkau dari sebelumnya. Membangun situs web e-niaga tidak membutuhkan banyak biaya atau pengetahuan pengkodean lagi.

3. Menjual Produk Informasi Secara Online

Jutaan orang online setiap hari untuk mencari informasi. Dalam banyak kasus, mereka bersedia membayarnya. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dengan membuat produk informasi dan menjualnya secara online.

Produk informasi datang dalam berbagai bentuk. Salah satu cara yang paling mudah untuk dibuat adalah ebook atau buku cetak dan menjualnya secara online. Menjual eBook sangat ideal untuk ibu yang sibuk, karena pembelian dan pengiriman dapat dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu repot mengirim.

Produk informasi lainnya termasuk kursus online, seminar, pelatihan, dan lain-lain.

4. Memulai Niche Blog

Blog adalah cara yang menyenangkan dan bagus untuk menghasilkan uang dari topik yang diketahui dan disukai. Apalagi jika banyak orang lain yang tahu dan menyukainya juga.

Meskipun menawarkan informasi secara gratis, ada banyak pilihan untuk menghasilkan uang, termasuk Google AdSense dan program umpan iklan lainnya, yang akan menempatkan iklan di situs tersebut. Jika menggunakannya, bayaran bisa didapatkan saat orang mengklik iklan.

Trik untuk sukses dalam blogging adalah membangun lalu lintas melalui pemasaran internet. Semakin banyak lalu lintas yang ditargetkan ke situs blog tersebut, semakin besar kemungkinan untuk menghasilkan uang.

5. Produk dan Layanan Afiliasi Pasar

Memasarkan produk dan layanan afiliasi pada dasarnya dibayar untuk membuat referensi ke bisnis lain. Pemasaran dari mulut ke mulutlah yang dapat menghasilkan uang lebih cepat.

Salah satu aspek hebat dari pemasaran afiliasi adalah tidak perlu menjual atau mengirimkan produk. Pemasar afiliasi dengan bayaran paling tinggi memiliki blog khusus atau menggunakan sistem corong halaman pemerasan dan buletin email untuk mempromosikan tautan afiliasi khusus. Ketika tautan digunakan untuk melakukan pembelian, komisi atau tarif tetap dari rujukan bisa didapatkan.

Afiliasi pemasaran hanya berfungsi jika orang yang dijadikan rujukan mengenal dan mempercayai Anda. Untuk melakukan itu, pembaca blog, pelanggan buletin, dan bahkan pengikut media sosial perlu mendapatkan lebih dari sekadar tautan iklan. Sebaliknya, membagikan tip dan sumber daya yang bermanfaat perlu dilakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini