Janet Yellen Buka-bukaan 'Obat Kuat' Ekonomi AS

Antara, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 320 2373314 janet-yellen-buka-bukaan-obat-kuat-ekonomi-as-dyZFQTKHMf.png Janet Yellen (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan bahwa imbal hasil obligasi pemerintah AS jangka panjang yang lebih tinggi adalah tanda pelaku pasar mengantisipasi pemulihan yang lebih kuat, bukan meningkatnya kekhawatiran inflasi.

"Saya tidak melihat bahwa pasar memperkirakan inflasi naik di atas sasaran inflasi 2,0% yang Fed miliki sebagai tingkat inflasi rata-rata dalam jangka panjang," kata Menkeu AS Janet Yellen seperti dilansir Antara, Jakarta, Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga: Prospek Ekonomi Cerah, Dolar AS Menguat Tajam 

Dia menambahkan Amerika Serikat membutuhkan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang lebih cepat daripada yang terlihat selama Februari, tetapi dapat mencapai pekerjaan penuh pada tahun depan dengan rencana stimulus Presiden Joe Biden sebesar USD1,9 triliun.

Sebelumnya, dolar AS melonjak pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah data menunjukkan pertumbuhan pekerjaan mengalahkan ekspektasi pada Februari.

Hal ini mendukung pandangan pejabat Federal Reserve (Fed) yang mengatakan bahwa kenaikan imbal hasil obligasi AS baru-baru ini dibenarkan oleh prospek ekonomi yang membaik.

Perbaikan lapangan pekerjaan terjadi di tengah menurunnya kasus baru COVID-19, mempercepat tingkat vaksinasi dan uang bantuan pandemi tambahan dari pemerintah, menempatkan pemulihan pasar tenaga kerja kembali pada pijakan yang lebih kuat dan pada jalur untuk kenaikan lebih lanjut di bulan-bulan mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini