Perusahaan Besar Diizinkan Masuk ke Bisnis Kerupuk, Cek 3 Faktanya

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 07 Maret 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 320 2373475 perusahaan-besar-diizinkan-masuk-ke-bisnis-kerupuk-cek-3-faktanya-g9iCDAkGFn.jpg Industri Kerupuk (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka keran bagi para investor besar untuk terjun ke dalam jenis usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal itu ditandai dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Dalam lampiran ketiga Perpres nomor 10 tahun 2021, Kepala Negara kini mengizinkan para pengusaha besar untuk bisa menggeluti industri kerupuk, keripik, peyek dan sejenisnya (pabrikan maupun non pabrik). Di mana sebelumnya usaha itu hanya termasuk ke dalam pelaku UMKM.

Baca Juga: Jokowi Izinkan Investor Besar Masuk UMKM, Termasuk Industri Kerupuk 

Ada beberapa fakta menarik di balik Perpres tersebut. Berikut Okezone merangkumnya pada Minggu (7/3/2021)

 

1. Syarat Investasi

Merujuk pada Pasal 6 Perpres Nomor 10 Tahun 2021, investasi ini dapat dilakukan oleh semua investor yang memenuhi persyaratan penanaman modal untuk modal dalam negeri, tak hanya koperasi dan UMKM.

2. Investor Asing Tak Bisa Masuk

Dalam beleid itu perusahaan besar maupun pelaku UMKM yang bisa menjalani usaha itu hanya mereka yang memiliki modal berasal dari dalam negeri sebesar 100%. Artinya, bidang ini tertutup untuk investasi asing.

3. Bisa Investasi di Industri Krupuk

Para pengusaha besar untuk bisa menggeluti industri kerupuk, keripik, peyek dan sejenisnya (pabrikan maupun non pabrik). Di mana sebelumnya usaha itu hanya termasuk ke dalam pelaku UMKM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini