Anak Usaha Jasa Marga Bakal IPO hingga Spin Off, Ini Bocorannya

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 278 2374263 anak-usaha-jasa-marga-bakal-ipo-hingga-spin-off-ini-bocorannya-ZcJiF5TkMm.jpg IPO (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Jasamarga Transjawa Tollroad akan melantai di pasar modal melalui skema Initial Public Offering (IPO). Rencana itu akan dilakukan 1-2 tahun mendatang.

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil evaluasi. Tujuan IPO sendiri untuk membidik dana segar dari investor publik. Dengan skema ini, manajemen berharap ada peningkatan pendapatan (revenue) emiten di tengah pandemi Covid-19.

"IPO-nya akan 1-2 tahun, mudah-mudahan Covid-19 segera mereda sehingga revenue kita balik ke normal, tentu evaluasi juga berdasar," ujar Donny, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Persiapan Trans Jawa Toll Road Melantai di BEI 

Sebelum IPO dilakukan, manajemen terlebih dahulu membentuk subholding untuk melakukan spin off Jasa Marga Transjawa Tollroad. Anak perusahaan ini adalah pemegang konsesi jalan tol Trans Jawa.

"Transjawa area, jadi kita sudah siapkan sebetulnya, kita ada namanya Jasa Marga Transjawa Tollroad, jadi anak perusahaan kita, jadi kita lihat dari struktur organisasi, itu yang kita siapkan sebetulnya untuk dilakukan IPO terhadap Transjawa area, kita punya 14 ruas jalan tol," katanya.

14 ruas jalan tol yang dimaksud meliputi ujung Barat Jawa hingga ujung Timur Jawa yang dapat di-spin off ke dalam perusahaan subholding tersebut.

"Setelah itu kita akan lakukan optimalisasi atau value dengan melakukan improvement (perbaikan) dari sisi efisiensi untuk meningkatkan kinerja sehingga pada kepada publik nantinya memberikan hasil optimal dari sisi evaluasi," tutur Donny.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini