3 Cara Mudah Kelola Keuangan, Bedakan Pengeluaran Wajib hingga Keinginan

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 622 2374240 3-cara-mudah-kelola-keuangan-bedakan-pengeluaran-wajib-hingga-keinginan-7C4WkRyY3X.jpg Kelola Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mengelola keuangan merupakan hal penting yang harus dibiasakan agar tercipta finansial yang sehat. Namun tidak sedikit orang yang masih bingung bagaimana caranya.

Kebanyakan orang juga menabung terlalu sedikit, dan tanpa sadar mengeluarkan uang terlalu banyak. Dengan adanya pengelolaan keuangan bisa menjadi pengontrol kebiasaan finansial dan membatasi pengeluaran berlebihan.

Lantas bagaimana pengeluaran yang tepat agar keadaan keuangan sehat? Perencana Keuangan Eko Endarto memberikan solusi terkait pengeluaran yang bisa diterapkan.

Baca Juga: Masih Awal Bulan, Hindari 4 Kesalahan Ini Dalam Menabung

Eko mengatakan, pengeluaran terbagi atas tiga hal yaitu wajib, kebutuhan, dan keinginan. Ketiganya menjadi kunci pada saat mengeluarkan uang.

“Pengeluaran terbagi atas tiga kategori, yaitu wajib, butuh, dan ingin,” ujar Eko saat dihubungi Okezone, Senin (8/3/2021).

Pertama, wajib itu pengeluaran yang tidak bisa ditunda dan diganti. Seperti biaya sekolah anak dan bayar listrik

“Nah kalau pengeluaran wajib seperti biaya sekolah anak, jika ditunda berarti tidak bisa sekolah. Begitu juga bayar listrik, sebab tidak bisa hidup tanpa listrik,” ujarnya.

 

Kedua, kebutuhan adalah tidak bisa ditunda tetapi bisa diganti. Misalnya makan dan membeli pakaian.

“Lapar harus makan, namun makanannya bisa diatur. Begitu juga dalam beli baju, bisa disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Ketiga, keinginan yaitu bisa ditunda dan diganti. Seperti jalan-jalan dan liburan.

“Liburan bisa ditunda bahkan diganti, tidak harus sekarang liburannya, bisa jadi tahun depan. Atau list liburannya diganti,” lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini